Comscore Tracker

Adopsi Pohon di Kawasan Merapi Dukung Pariwisata Berkelanjutan

Sebagai bagian kegiatan Daihatsu Kumpul Sahabat Jogja 2022

Sleman, IDN Times - Pariwisata menjadi sektor unggulan bagi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Berbagai upaya sinergi dengan berbagai pihak dilakukan guna mendukung pariwisata yang berkelanjutan.

Seperti upaya yang dilakukan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) lewat aksi sosial peduli lingkungan. Mereka bekerja sama dengan Komunitas Pagar Merapi menggelar program Adopsi Pohon di Kawasan Kaliurang Timur, tepatnya di Tankaman Nature Park.

1. Dukung pariwisata berkelanjutan

Adopsi Pohon di Kawasan Merapi Dukung Pariwisata BerkelanjutanDaihatsu Kumpul Sahabat Jogja 2022. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Program Adopsi Pohon ini menjadi salah satu rangkaian kegiatan gathering bagi komunitas Daihatsu dan pelanggan setia, bertema Daihatsu Kumpul Sahabat Jogja 2022. Kegiatan kumpul komunitas ini digelar di halaman Museum Gunung Api Merapi (MGM), Sabtu (26/11/2022).

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) DIY, Singgih Raharja menyampaikan apresiasi atas adopsi pohon yang dilakukan Daihatsu. Menurutnya kegiatan ini mendukung visi pembangunan kepariwisataan yang berkelanjutan.

"Ini akan menjaga lingkungan agar tetap hijau, fresh, tidak ada pengrusakan alam lagi. Akan kita lestarikan, Memayu Hayuning Bawana. Pariwisata yang sustainability untuk anak cucu kita," kata Singgih.

Baca Juga: Pepino Boneka Kayu, Daya Tarik Baru di Prambanan

2. Sambutan baik dan gerakkan ekonomi

Adopsi Pohon di Kawasan Merapi Dukung Pariwisata BerkelanjutanDaihatsu Kumpul Sahabat Jogja 2022. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Komunitas Pagar Merapi yang selama ini turut berkontribusi melestarikan lingkungan di kawasan Gunung Merapi, menyambut baik upaya adopsi pohon. "Terima kasih karena telah mengadopsi tanaman kurang lebih 50 tanaman. Turut menjaga kelestarian lingkungan ini," ucap Ketua Komunitas Pagar Merapi, Yuswadi.

Selain adopsi pohon, berbagai kegiatan lain untuk menggerakkan ekonomi juga digelar dalam Daihatsu Kumpul Sahabat Jogja 2022. Seperti halnya melibatkan lebih dari 30 UMKM dan 20 Foodtruck.

3. Berbagai kegiatan memeriahkan acara

Adopsi Pohon di Kawasan Merapi Dukung Pariwisata BerkelanjutanDaihatsu Kumpul Sahabat Jogja 2022. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Berbagai aktivitas lainnya juga digelar seperti pertunjukan kesenian tradisional, lomba bakiak dan tarik tambang antar komunitas, lomba fashion show, Ekonomi Kreatif Expo ( Ekraf Expo), Foodtruck Corner, Kids Corner, Pesta Jadah Tempe gratis, ngopi gratis bareng Komunitas Kopi Nusantara, dan Remote Control Contest. Selain itu, panggung hiburan juga dimeriahkan sejumlah penampil.

Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT ADM, Sri Agung Handayani mengatakan dirinya bersyukur dapat memberikan hiburan bagi para pelanggan setia Daihatsu di area DIY dan sekitarnya untuk bersilaturahmi, berbagi cerita, dan bersuka-ria bersama sahabat dan keluarga dalam menikmati quality time mereka di akhir pekan.

“Kami berharap acara Daihatsu Kumpul Sahabat Jogja ini dapat memberikan kesan seru dan menyenangkan, dan pelanggan setia Daihatsu bisa saling lebih mengenal dengan yang lainnya sehingga lebih memiliki rasa persaudaraan yang makin kuat. Semoga acara ini juga dapat semakin mendekatkan Daihatsu dengan Sahabat di setiap aktivitasnya,” ujarnya.

Baca Juga: Taru Martani 1918, Pabrik Cerutu Kesukaan Sri Sultan

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya