276 Tahun Hadeging Nagari Keraton Jogja, Sultan Sampaikan Sabdatama  

Acara dipusatkan di Kagungan Dalem Masjid Gedhe

Yogyakarta, IDN Times - Menutup akhir tahun 2022, Keraton Yogyakarta menggelar peringatan Hadeging Nagari Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat ke-276 Tahun. Berdasarkan kalender Jawa, agenda ini diperingati setiap 28-29 Jumadilawal atau bertepatan tanggal 22-23 Desember 2022. 

Rangkaian agenda diawali dengan prosesi ziarah ke Kagungan Dalem Pajimatan Imogiri pada 28 Jimawal Ehe 1956 atau Kamis (22/12/2022). Rombongan berangkat dari Kawedanan Pengulon pukul 09.00 WIB yang terdiri dari Abdi Dalem Kanca Kaji dan Abdi Dalem Kanca Pengulon. Prosesi ziarah dilakukan tepat pukul 10.00 WIB yang dipusatkan di Kompleks Kedhaton Kasuwargan dengan sugengan dan tabur bunga di pusara Sri Sultan Hamengku Buwono I.

1. Rangkaian acara menutup akhir tahun

276 Tahun Hadeging Nagari Keraton Jogja, Sultan Sampaikan Sabdatama  Keraton Yogyakarta (Google Street View)

Pada malam harinya pukul 18.30 WIB, KRT Zuban Hadiningrat, Abdi Dalem Kanca Kaji Selusin, Abdi Dalem Kanca Suranata serta KH. Misbahul Munir hadir di Kawedanan Pengulon menggelar acara di Kagungan Dalem Masjid Gedhe. Acara di Masjid Gedhe di awali dengan pembacaan maulid oleh tim hadrah, dilanjutkan dengan pembacaan Dulkadiran oleh Kanca Kaji dan diakhiri dengan mujahadah dan pembacaan doa penutup oleh KH. Misbahul Munir.

Rangkaian acara berlanjut pada hari kedua, Jumat (23/12/2022) yakni prosesi Sema’an Al-Qur’an dari juz 1-30 yang berlangsung selepas shubuh hingga isya di Kagungan Dalem Masjid Gedhe. Lantunan bersama ayat-ayat Al-Qur’an dilakukan hampir sepanjang hari hingga khatam jelang acara puncak peringatan. 

2. Acara digelar secara hybrid

276 Tahun Hadeging Nagari Keraton Jogja, Sultan Sampaikan Sabdatama  instagram.com/kratonjogja/

Seluruh rangkaian agenda digelar secara hybrid. Masyarakat secara terbatas dapat menyaksikan secara langsung rangakaian acara di Kagungan Dalem Masjid Gedhe. Sementara itu masyarakat dapat berpartisipasi dalam panyengkuyung donga atau ikut berdoa bersama melalui kanal youtube Kraton Jogja.

“Tahun ini penyelenggaraan acara dilaksanakan hybrid. agenda diawali dengan rangkaian ziarah ke kedhaton kaswargan untuk mendoakan leluhur terutama Pangeran Mangkubumi. Di Imogiri, rangakaian sugengan dan tabur bunga dipandu oleh Abdi Dalem Kanca Kaji. Malam harinya acara yang terpusat di Kagungan Dalem Masjid Gedhe baru dimulai," kata KRT Jayaningrat, Jumat (23/12/2022). 

Baca Juga: Malioboro Tetap Dibuka saat Perayaan Tahun Baru

Baca Juga: Yuk, Jalan-jalan di Kampung Wisata di Kawasan Keraton Yogyakarta   

3. Sri Sultan Hamengku Buwono X akan berikan Sabdatama

276 Tahun Hadeging Nagari Keraton Jogja, Sultan Sampaikan Sabdatama  Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Menkopolhukam Mahfud MD. IDN Times/Tunggul Damarjati

Rangkaian kegiatan Hadeging Nagari ke-276 hari ini terpusat di Kagungan Dalem Masjid Gedhe, Sejak pagi seluruh aktivitas sudah digelar dan puncak acara akan dilaksanakan pukul 20.00 WIB. Sri Sultan Hamengku Buwono X dijadwalkan untuk memberikan sabdatama dilanjutkan dengan doa bersama dengan Habib Zaid bin Abdurrahman bin Yahya dan Habi Luthfi bin Ali bin Yahya.

“Puncak acara hari ini (23/12/2022), sehingga sangat dimungkinkan masyarakat banyak yang hadir. Meski demikian, protokol dan aturan kesehatan tetap dilakukan agar acara dapat berjalan lancar," kata KRT Jayaningrat.

Baca Juga: Resep Sayur Brongkos Telur, Sajian Istimewa Ala Keraton Jogja

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya