UGM Gelar Hamengku Buwono IX Award, Ini Kriteria Calon Penerima  

Nama calon penerima diseleksi mulai 10 November 2022

Sleman, IDN Times - Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta kembali menggelar Anugerah Hamengku Buwono (HB) IX Award saat Dies Natalis ke-73 pada Desember 2022. Acara ini sempat vakum selama dua tahun akibat adanya pandemik Covid-19. 

 

 

1. Bertemu dengan Sri Sultan HB X

UGM Gelar Hamengku Buwono IX Award, Ini Kriteria Calon Penerima  Sri Sultan Hamengku Buwono X. (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Hari ini, Senin (31/10/2022), Dewan Guru Besar UGM bersama sejumlah panitia seleksi bertemu dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan.

"Kami datang untuk sowan, untuk audensi terkait 'updating' penyelenggaraan Anugerah HB IX Award tahun ini juga untuk meminta nasihat sebagai tambahan untuk nantinya bisa melacak penerima penghargaan lebih baik lagi," ujar Ketua Dewan Guru Besar UGM, Mochammad Maksum.

 

2. Nama calon penerima diseleksi mulai 10 November 2022

UGM Gelar Hamengku Buwono IX Award, Ini Kriteria Calon Penerima  Universitas Gadjah Mada (UGM)/Humas UGM

Proses seleksi tokoh penerima anugerah, akan dilakukan dengan nama para calon penerima paling lambat terkumpul pada 10 November 2022. Setelah sejumlah nama tersaring, akan dievaluasi dan dikonsultasikan kepada Gubernur DIY untuk menentukan siapa yang pantas memperoleh Anugerah HB IX Award.

"Sultan HB X memberi nasihat terkait nilai-nilai yang diajarkan oleh HB IX. Misalnya, nilai-nilai apa yang harus dicontoh dan dilanjutkan dari HB IX dan ini bisa jadi petunjuk bagi panitia seleksi dan petunjuk juga bagi kita semuanya di UGM," ujarnya dikutip Antara. 

 

Baca Juga: Pakar Ekonomi UGM: Kenaikan Wajar UMK di Jogja Sebanyak 30 Persen   

3. Kriteria calon penerima penghargaan

UGM Gelar Hamengku Buwono IX Award, Ini Kriteria Calon Penerima  kratonjogja.id/

Seleksi calon penerima Anugerah HB IX Award 2022 sama seperti sebelumnya, yakni bersifat nasional. Sosok yang dicari, adalah orang yang heroik dengan sisi kemanusiaan dan kebangsaan yang luar biasa, bahkan tidak hanya berskala nasional tapi juga internasional, agar mampu mencitrakan nilai-nilai kemanusiaan dan kebangsaan Sri Sultan HB IX.

Beberapa tokoh yang telah dianugerahi HB IX Award di antaranya Herman Johanes, Mochtar Kusuma Atmadja, Jusuf Kalla, Basuki Hadimuljono, Goenawan Soesatyo Mohamad, Selo Sumardjan, Teuku Jacob, Saparinah Sadli, Ajip Rosidi, dan Ahmad Syafii Maarif.

Baca Juga: 14 Karakter Wayang Kapi-Kapi yang Ada di Keraton Jogja, Kenalan Yuk!

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya