Tugu Jogja Dibersihkan dari Kabel Listrik selesai Desember 2020  

Kabel listrik udara menganggu pemandangan ikon Jogja

Kota Yogyakarta, IDN Times - Pekerjaan pemasangan kabel di bawah permukaan tanah atau disebut sistem ducting di Simpang Tugu Yogyakarta ditargetkan dapat dilakukan pada minggu ketiga di bulan ini. Pekerjaan tersebut dilakukan setelah pembangunan saluran penanaman kabel udara selesai pertengahan Oktober.

Ducting kabel listrik di seputar Simpang Tugu Yogyakarta dilakukan sejauh 140 meter dari sisi timur ke barat dan sejauh 120 meter dari sisi selatan ke utara. Diperkirakan pekerjaan akan diselesaikan di bulan Desember 2020. 

 

1. Kabel listrik mulai diturunkan 21 Oktober 2020

Tugu Jogja Dibersihkan dari Kabel Listrik selesai Desember 2020  instagram.com/jogja.istimewa

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Yogyakarta Hari Setya Wacana mengatakan pembangunan saluran kabel bawah tanah ditargetkan selesai tanggal 15 Oktober 2020. 

“Pekerjaan pembangunan saluran ditargetkan selesai 15 Oktober. Dan kabel listrik PLN bisa diturunkan pada 21 Oktober,” ujar Hari Setya seperti dilansir ANTARA, Minggu (11/10/2020).

Baca Juga: Tugu Golong-Gilig, Cikal Bakal Tugu Putih yang Jadi Ikon Yogyakarta 

2. Ducting dilakukan agar Tugu Jogja bebas dari kabel listrik di udara

Tugu Jogja Dibersihkan dari Kabel Listrik selesai Desember 2020  Kabel listrik yang selama ini diinstal di Medan terlihat semrawut. IDN Times/Doni Hermawan

Pekerjaan yang dilakukan untuk membersihkan wajah ikon Yogyakarta dari kabel udara ini tidak hanya dilakukan untuk kabel listrik PT PLN saja tetapi juga dilakukan untuk kabel "fiber optic" dari sejumlah provider selular.

Terkait potensi gangguan lalu lintas di sekitar lokasi pekerjaan, menurut Hari pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta untuk manajemen lalu lintas saat dilakukan pekerjaan. 

3. Ducting dibarengi dengan penataan kawasan pedestrian kawasan Tugu Jogja

Tugu Jogja Dibersihkan dari Kabel Listrik selesai Desember 2020  Proses ducting fiber optic dari provider telepon selular yang dilakukan bersamaan dengan revitalisasi pedestrian Jalan Jenderal Sudirman tahap pertama, 9 Desember 2019. (Antara/Eka AR)

Tak hanya di kawasan Tugu ducting kabel fiber optik juga dilakukan di Jalan Jenderal Sudirman dari Jembatan Gondolayu ke arah barat atau ke arah Tugu.

Hingga pekan ini, perkembangan pekerjaan penataan Simpang Tugu mencapai sekitar 20 persen, dan revitalisasi pedestrian Jalan Jenderal Sudirman mencapai sekitar 12 persen karena kontrak untuk pekerjaan tersebut baru dilakukan sekitar satu bulan lalu.

Baca Juga: 8 Pilihan Hotel Dekat Stasiun Tugu Yogyakarta yang Nyaman dan Murah

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya