Tingkatkan Keamanan, Wawali Kota Yogyakarta Minta Ronda Diaktifkan  

Selain ronda, masyarakat harus peka terhadap pendatang baru

Kota Yogyakarta, IDN Times- Pemerintah Kota Yogyakarta meminta masyarakat untuk mengaktifkan kembali siskamling. 

Siskamling atau ronda menurut Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi agar masyarakat dapat meningkatkan kewaspadaan dan pengamanan lingkungan sebagai bentuk antisipasi potensi meningkatnya tindak kriminalitas yang bisa meresahkan masyarakat. 

“Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) sudah diminta untuk mulai mengingatkan masyarakat agar meningkatkan keamanan di lingkungan karena potensi kasus kriminalitas meningkat,” kata Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi di lansir dari Antara, Selasa (28/4). 

Baca Juga: [UPDATE] 28 April, Ada Tambahan 10 Kasus Baru Positif COVID-19 di DIY

1. Potensi kriminalitas sudah meningkat

Tingkatkan Keamanan, Wawali Kota Yogyakarta Minta Ronda Diaktifkan  Pixabay/ElisaRiva

Menurut Heroe, potensi tindak kriminalitas biasanya mengalami kenaikan menjelang tahun ajaran baru ditambah kondisi pandemi COVID-19 yang akibatkan kondisi ekonomi semakin sulit.

“Potensi meningkatnya tindak kriminalitas di tengah pandemi sepertinya cukup tinggi, dan terlihat sudah meningkat,” katanya.

Oleh karena itu, lanjut dia, masyarakat perlu meningkatkan pengamanan di lingkungan masing-masing.

“Ronda bisa diaktifkan jika memang kondisinya memungkinkan yaitu dengan tetap menerapkan protokol pencegahan COVID-19, jaga jarak,” katanya.

2. Selain ronda, masyarakat harus peka terhadap pendatang baru

Tingkatkan Keamanan, Wawali Kota Yogyakarta Minta Ronda Diaktifkan  Instagram.com/desembriarto

Berdasarkan laporan yang ia terima, Heroe menyebut sudah ada beberapa kampung yang mengaktifkan kembali ronda.

Selain itu masyarakat di kampung diminta meningkatkan terhadap berbagai kegiatan termasuk pemantauan terhadap pendatang.

“Misalnya menerapkan akses masuk satu pintu di lingkungan masing-masing dan memantau pendatang baru di lingkungannya. Sekarang, warga di wilayah sangat peka jika ada pendatang baru,” katanya.

3. Di Kota Yogyakarta terdapat 80 kampung panca tertib

Tingkatkan Keamanan, Wawali Kota Yogyakarta Minta Ronda Diaktifkan  (IDN Times/Holy Kartika)

Heroe menambahkan, keberadaan kampung panca tertib di Kota Yogyakarta, juga bisa diberdayakan untuk mendukung keamanan dan ketertiban di lingkungan. Di Kota Yogyakarta sudah ada 80 kampung yang mendeklarasikan sebagai kampung panca tertib.

Sebelumnya, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Yogyakarta, Agus Winarto mengatakan tetap menggelar patroli secara rutin sebanyak empat kali sehari dengan jumlah personel yang tidak dikurangi.

Satpol PP yang diperbantukan di kecamatan juga diminta untuk mendukung kegiatan pemantauan terhadap pendatang dan keamanan serta ketertiban wilayah.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Yogyakarta yang Konon Punya Mitos tentang Cinta

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya