Target Vaksinasi di Kulon Progo Meleset, Ini Langkah Pemkab

Vaksinasi dosis dua justru tinggi

Kulon Progo, IDN Times - Realiasi vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Kulon Progo meleset dari target awal. Vaksinasi COVID-19 dosis pertama sudah dilakukan pada 277.470 orang atau 80,96 persen dari 342.720 warga yang menjadi sasaran vaksinasi di Kabupaten Kulon Progo.

"Pada awalnya, target vaksinasi dosis pertama selesai 100 persen sampai akhir Oktober. Sampai saat ini baru mencapai 80,96 persen," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kulon Progo Baning Rahayujati, Rabu (27/10/2021).

 

 

1. Vaksinasi dosis kedua di Kulon Progo tinggi

Target Vaksinasi di Kulon Progo Meleset, Ini Langkah PemkabJuru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kulon Progo, Baning Rahayu. IDN Times/Daruwaskita

Baning menjelaskan untuk vaksinasi dosis kedua, sudah dilakukan pada 210.898 orang atau 61,54 persen dari sasaran. Realisasi itu sudah melampaui target cakupan hingga 50 persen pada Oktober 2021.

"Vaksin COVID-19 dosis kedua cukup tinggi. Vaksinasi dosis pertama dan kedua harus berjalan bersama, sehingga tercapai kekebalan kelompok menyeluruh," kata Baning dikutip Antara. 

 

Baca Juga: Growol, Makanan Khas Kulon Progo yang Menyehatkan

Baca Juga: Fachri Kenalkan Kulon Progo lewat Oleh-oleh Cokelat Makaryo

2. Satgas data warga di desa dan dusun yang belum vaksinasi

Target Vaksinasi di Kulon Progo Meleset, Ini Langkah PemkabGoogle

Menurut Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kulon Progo, Fajar Gegana mengatakan satuan tugas mendata warga yang belum menjalani vaksinasi di desa dan dusun.

"Untuk memaksimalkan capaian vaksinasi, kami akan masuk ke tingkat desa dan dusun untuk menginventarisir warga. Kami akan memastikan apakah sasaran vaksin tersebut benar tinggal di Kulon Progo atau tidak," ujarnya.

Wakil Bupati Kulon Progo itu menambahkan pemerintah daerah akan menggiatkan pelaksanaan vaksinasi serta memastikan seluruh warga yang menjadi sasaran mendapat suntikan vaksin COVID-19.

"Kami berupaya berkoordinasi dengan semua pihak yang terlihat dalam upaya percepatan vaksinasi di Kulon Progo, supaya capaian target vaksinasi 342.720 sasaran segera tercapai," ujarnya.

3. Satgas ingatkan warga untuk selalu taat prokes

Target Vaksinasi di Kulon Progo Meleset, Ini Langkah PemkabSeorang pria merokok di sebelah mural pria dengan masker ditengah wabah penyakit virus corona (COVID-19) di Kota Quezon, Metro Manila, Filipina, Kamis (30/7/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Eloisa Lopez)

Sementara itu, Baning menjelaskan penderita COVID-19 di Kulon Progo saat ini tinggal 24 orang. Dari 22.056 warga yang dikonfirmasi terserang COVID-19 di Kulon Progo sejak awal pandemi, ada 21.596 orang yang sudah sembuh dan 436 orang yang meninggal dunia.

Baning menjelaskan penambahan kasus harian COVID-19 sudah turun menjadi kurang dari lima kasus.

Namun dia mengingatkan warga agar tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan untuk mencegah angka kasus naik lagi. "Kami mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Jangan sampai lengah karena COVID-19 masih ada," katanya.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya