Comscore Tracker

Sumadi Bertugas Pulihkan Ekonomi dan Kesehatan Warga Yogyakarta     

Penjabat Wali Kota memaparkan RPD Kota Yogyakarta    

Kota Yogyakarta, IDN Times - Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Sumadi yang baru saja dilantik pada Minggu (22/5/2022) memaparkan Rencana Pembangunan Daerah 2023-2026 di DPRD Kota Yogyakarta, hari ini Senin (23/5/2022). 

1. Tugas utama Sumadi memulihkan ekonomi dan kesehatan warga

Sumadi Bertugas Pulihkan Ekonomi dan Kesehatan Warga Yogyakarta     Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Sumadi / IDN Times

Salah satu tugas utama yang menjadi tanggung jawabnya selaku Penjabat Wali Kota Yogyakarta adalah memastikan pemulihan ekonomi dengan memperhatikan aspek kesehatan masyarakat.

"Hari ini, saya menyampaikan Rencana Pembangunan.Daerah (RPD) 2023-2026 yang nantinya akan menjadi pedoman dalam melaksanakan visi dan misi pembangunan di Kota Yogyakarta," kata Sumadi dikutip Antara.

 

Baca Juga: Sri Sultan Minta Sumadi dan Tri Saktiyana Turunkan Angka Kemiskinan

2. Pemulihan ekonomi sejalan dengan penanganan pandemik

Sumadi Bertugas Pulihkan Ekonomi dan Kesehatan Warga Yogyakarta     Tugu Pal Putih Yogyakarta (IDN Times/Febriana Sinta)

Tugasnya dalam menjalankan amanah konstitusi membutuhkan acuan sehingga seluruh target pembangunan yang sudah direncanakan dan ditetapkan bisa direalisasikan.

"Bagaimanapun, COVID-19 belum berakhir. Tetapi, pemulihan ekonomi menjadi salah satu arahan pada saat pelantikan. Pemerintah daerah membutuhkan dukungan dari dewan yang juga ikut menentukan kebijakan," katanya.

Sedangkan untuk penanganan pandemik, Sumadi menjelaskan ia masih bertindak sebagai Ketua Satgas Percepatan Vaksinasi di DIY dan sekaligus menjadi Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Kota Yogyakarta.

"Saya kira, kedua tugas ini hampir sama. Saya masih bisa mengambil kebijakan untuk percepatan vaksinasi meskipun nanti ada pelaksana harian yang mengerjakan tugas-tugas teknis," katanya. 

 

3. DPRD Kota Yogyakarta berharap percepatan realisasi target pembangunan Kota Yogyakarta

Sumadi Bertugas Pulihkan Ekonomi dan Kesehatan Warga Yogyakarta     Kantor DPRD Kota Yogyakarta / setwan

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Yogyakarta Danang Rudiyatmoko mengatakan legislatif siap memberikan dukungan kepada Penjabat Wali Kota Yogyakarta dalam melaksanakan tugas guna mewujudkan target visi dan misi Kota Yogyakarta.

Danang berharap ada inovasi yang mampu mempercepat realisasi target pembangunan untuk kesejahteraan warga Kota Yogyakarta karena dimungkinkan terjadi keterlambatan akibat pandemik COVID-19 yang berlangsung 2,5 tahun di akhir kepemimpinan kepala daerah terpilih.

"Acuan pembangunan ini tidak dibuat asal-asalan dan wajib menjadi pedoman bagi eksekutif dan legislatif dalam menjalankan program pembangunan dan pengawasannya," katanya.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya