Sultan HB X: Generasi Penerus akan Bangga dengan Kita yang Tahan Uji  

Hadapi COVID-19 harus membantu tanpa bertanya agama

Kota Yogyakarta, IDN Tiimes-  Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan HB X menyampaikan pesan kepada generasi penerus dengan yang dilakukan masyarakat saat ini.  Saat ini dalam menghadapi tantangan pandemk COVID-19, masyarakat bergotong-royong, bekerja sama dan berbagi dengan semangat toleransi antar umat beragama. 

"Tentunya generasi mendatang membanggakan generasi kita sebagai orang-orang yang tahan uji."

Sultan juga mengingatkan bahwa tidak hanya kali ini saja musibah terjadi di DIY, namun dengan berbagi dan saling menjaga, kebagaiaan akan terasa tanpa melihat dan bertanya tentang agama seseorang. 

Baca Juga: Sultan HB X Ajak Warga Introspeksi untuk Berbagi dan Bangkit Bersama  

1. Isi Sultan Menyapa Edisi Selasa, 28 April 2020

Sultan HB X: Generasi Penerus akan Bangga dengan Kita yang Tahan Uji  Sultan Menyapa #3 / HumasPemdaDIY

Setiap hari Selasa, Sri Sultan HB X Menyapa masyarakat DIY dalam edisi Sultan Menyapa. Berikut isi lengkap Sultan Menyapa edisi Selasa, 28 April 2020. 

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..
Salam sejahtera bagi kita semua

MEMASUKI Ramadhan 1441 Hijriyah beberapa hari lalu, saya khusus memberikan pesan kepada Generasi Penerus ketika saatnya nanti tiba.

Saya yakin, generasi mereka yang tidak mengalami musibah dunia ini, tentu akan membanggakan generasi kita sebagai orang-orang yang tahan uji.

Karena menghadapi tantangan ini bersama-sama dan bergotong-royong dengan semangat golong gilig mewujudkan kembali Pancasila sebagai jati diri bangsa.

Saat ini, seperti masa-masa gempa tahun 2006 lalu, kita melihat fenomena yang memberi harapan. Saat itu, para ulama, lintas agama bekerjasama membantu para korban tanpa menanyakan: “Apa agamamu?”

Terbukti, di hati nurani mereka yang paling dalam, selalu bersemi semangat toleransi antarumat beragama. Saat ini kita juga menyaksikan kisah-kisah mengharukan. Mereka bekerjasama dan saling berbagi.

Orang-orang yang saling menjaga tetangganya. Bahkan dunia bisnis pun diubah menjadi dunia pengabdian bagi kemanusiaan untuk sesama yang papa.

Di bulan penuh keutamaan dan keistimewaan ini, semoga keberkahan dan kebahagiaan berada di sekitar kita. Terima kasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Slasa Wage, 28 April 2020
HAMENGKU BUWONO X

2. Manusia akan menjadi sosok yang utuh jika dirinya bermanfaat bagi orang lain

Sultan HB X: Generasi Penerus akan Bangga dengan Kita yang Tahan Uji  Satpol PP berjaga di kompleks Kepatihan Kantor Gubernur DIY. IDN Times/Paulus Risang

Kepala Bagian Humas Biro Umum Humas dan Protokol Setda DIY, Ditya Nanaryo Aji menambahkan, maksud dari Sultan Menyapa hari ini adalah, manusia akan menjadi sosok yang utuh jika dirinya bermanfaat bagi orang lain.

Ketika seseorang dapat menimbang mana yang baik untuk dirinya, sekaligus bagi lingkungan sosialnya, maka dia telah menjadi insan yang mampu berpikir dan berbuat adil.

"Kebesaran hati dan kemauan untuk berbuat baik kepada sesame manusia akan selalu diuji. Sebagai contoh, dengan hadirnya pandemik virus corona ini. Saat inilah manusia harus bangkit bersama, saiyeg saekpraya, menyalakan kembali kebersamaan dalam sebuah asa," ujar Dutya dalam keterangan tertulisnya, Selasa (28/4). 

 

3. Wujud kebersamaan telah dilakukan warga

Sultan HB X: Generasi Penerus akan Bangga dengan Kita yang Tahan Uji  Pembagian takjil gratis di Dusun Sedan, Sleman

Wujud kebersamaan di masyarakat DIY sudah dliakukan dalam banyak bentuk. Misalnya, membagikan sayuran untuk tetangga, penyemprotan disinfektan per kampung, pembatasan sosial mandiri di kampung,

Menurut Ditya, inti kekuatan sejati seorang manusia adalah saat ego pribadi dilebur, dan diarahkan untuk saling membantu tanpa ada tendensi. Semua dilakukan dengan sadar, demi kondisi yang lebih baik walau situasi buruk sekalipun.

Baca Juga: Sultan: Sifat-sifat Serakah "3G" Harus Dicuci Habis

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya