Sultan Akan Surati Jokowi Soal Penolakan UU Cipta Kerja 

Sultan minta demo tidak anarkis

Kota Yogyakarta, IDN Times - Gubernur DIY Sri Sultan HB X akan berkirim surat ke Presiden Jokowi terkait dengan penolakan Undang-Undang Cipta Karya.

Pernyataan Sultan itu diungkapkan seusai  bertemu dengan organisasi pekerja buruh, pada Kamis (08/10/2020) di Ndalem Ageng, Komplek Kepatihan, Yogyakarta.

 

1. Sultan berjanji akan tindaklanjuti aspirasi buruh

Sultan Akan Surati Jokowi Soal Penolakan UU Cipta Kerja Sultan menerima utusan buruh di Kepatihan, Kamis (8/10/2020) Instagram.com / humasjogja

Dari pertemuan tersebut, terdapat dua aspirasi yang akan ditindaklanjuti oleh Gubernur DIY kepada pemerintah pusat.

“Jadi tadi dalam pertemuan kami bicara, sebagai bentuk aspirasi karena mereka sebelumnya telah mengirim surat. Mereka menyampaikan aspirasinya supaya saya bisa memfasilitasi untuk mengirimkan surat kepada presiden, aspirasi dari warga masyarakat khususnya buruh. Saya sanggup dengan surat yang akan ditandatangani gubernur sebagai respons dari aspirasi mereka,” ujar Sultan.

Baca Juga: Demo Tolak UU Cipta Kerja di DPRD DIY Rusuh

2.Sultan minta demo tidak anarkis

Sultan Akan Surati Jokowi Soal Penolakan UU Cipta Kerja IDN Times/Tunggul Damarjati

Dalam pertemuan itu, Sultan juga meminta pelajar, mahasiswa, dan buruh, serta segenap masyarakat yang melakukan demonstrasi untuk tertib. "DemoJangan anarkis, karena itu bukan perilaku kita, karena anarkis memaksakan kehendak,” kata Sultan

Sri Sultan juga menyampaikan rasa terima kasihnya bagi para pengunjuk rasa yang dapat menjaga ketertiban. “Saya juga terima kasih kepada pelajar, mahasiswa, dan buruh, serta segenap masyarakat yang bisa melakukan demonstrasi dengan tertib. Jangan anarkis, karena itu bukan perilaku kita, karena anarkis memaksakan kehendak,” ujar Sultan.

 

3. Sultan dan organisasi buruh bahas bantuan langsung tunai

Sultan Akan Surati Jokowi Soal Penolakan UU Cipta Kerja Ilustrasi uang (IDN Times/Zainul Arifin)

Sultan menambahkan dalam pertemuan dengan organisasi pekerja buruh juga dibahas soal Bantuan Langsung Tunai (BLT). Dalam pertemuan itu perwakilan buruh mengungkapkan kepada Sultan sebagian buruh belum menerima BLT itu.

“Demikian juga menyangkut masalah peningkatan kesejahteraan buruh lewat aktivitas koperasi yang memungkinkan bisa ditingkatkan. Inilah dua aspirasi yang bisa saya fasilitasi,” ujar Sri Sultan.

Baca Juga: [BREAKING] Sebuah Rumah Makan di Samping Gedung DPRD DIY Terbakar 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya