Comscore Tracker

Stok Vaksin Terbatas, Sleman Prioritaskan Vaksinasi Dosis Kedua 

Masyarakat diimbau tidak perlu merasa cemas

Sleman, IDN Times - Pemkab Sleman akan memprioritaskan sisa vaksin untuk kebutuhan vaksinasi kedua. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sleman, Harda Kiswaya menyebutkan ketersediaan vaksin di  Sleman tinggal 15 ribu dosis. 

Namun di sisi lain, dirinya bersyukur antusias warga Sleman sangat tinggi untuk menerima vaksinasi COVID-19.  "Kami sangat bersyukur karena kesadaran yang tinggi dari masyarakat terkait vaksin," katanya, Senin (2/8/2021). 

 

1. Antusiasme warga untuk vaksinasi sangat tinggi

Stok Vaksin Terbatas, Sleman Prioritaskan Vaksinasi Dosis Kedua Ilustrasi petugas tenaga kesehatan berdiri di depan video penggunaan vaksin saat pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 bagi petugas pelayan publik (ANTARA FOTO/Novrian Arbi)

Menurut Harda, prioritas tersebut dikarenakan ketersediaan vaksin yang terbatas dan antusias masyarakat dalam ikut program vaksinasi saat ini terbilang sangat tinggi

"Ketersediaan vaksin minggu ini hanya sebanyak 15 ribu dosis, sehingga penggunaannya akan diprioritaskan untuk menyelesaikan vaksinasi dosis kedua," kata Harda Kiswaya dilansir Antara. 

Baca Juga: Dinkes Bantul Jamin Stok Vaksin COVID-19 Aman hingga Akhir Agustus

2. Tunggu pasokan vaksin dari pusat

Stok Vaksin Terbatas, Sleman Prioritaskan Vaksinasi Dosis Kedua Ilustrasi klinik vaksinasi COVID-19. (Dok. ANTARA FOTO)

Pelaksana harian Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sleman Sleman Cahya Purnama mengatakan dalam waktu dekat ini yang akan dilakukan adalah menyelesaikan vaksin dosis kedua sambil menunggu pasokan dari pusat.

"Begitu ada (vaksin) nanti kami juga mulai untuk mengejar dosis yang pertama lagi, karena Menteri Kesehatan mewacanakan cakupan vaksinasi harus terselesaikan tahun ini. Saat ini cakupan vaksin Sleman sebesar 39,7 persen," katanya.

 

3. Imbau warga tak perlu cemas

Stok Vaksin Terbatas, Sleman Prioritaskan Vaksinasi Dosis Kedua Ilustrasi Vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Sementara Kepala Bidang Penanggulangan Penyakit Dinkes Kabupaten Sleman Novita Krisnaeni mengatakan masyarakat tidak perlu merasa cemas. "Masyarakat tidak usah khawatir, yang sudah dapat dosis pertama akan tetap dilayani untuk dosis kedua. Untuk vaksin AstraZeneca mulai disuntikkan di Mei kemarin, nanti di Agustus sudah harus divaksin kembali, sehingga untuk Agustus ini akan mulai menggunakan vaksin AstraZeneca untuk dosis kedua," katanya.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya