Sri Sultan Minta Peristiwa Harga Pecel Lele Tak Terulang  

Sultan meminta semua pedagang memperlihatkan harga

Kota Yogyakarta, IDN Times - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) angkat bicara mengenai harga makanan di lesehan kawasan Malioboro. Sri Sultan Hamengku Buwono X, meminta hal tersebut tak perlu terjadi lagi. Untuk itu Sultan meminta Pemerintah Kota Yogyakarta mewajibkan pedagang kuliner untuk memasang daftar harga menu. Hal ini menurutnya untuk memberikan kepastian harga kepada kepada para konsumen.

"Untuk tidak ribut memang pemerintah daerah mewajibkan mereka yang berjualan itu punya daftar makanan sama harga, gitu lho mestinya," kata Sultan HB X di Gedung DPRD DIY, Yogyakarta, Rabu (2/6/2021). 

 

Baca Juga: Diduga Nutuk Harga, Pemkot Yogyakarta Tutup 3 Warung Pecel Lele 

1. Sultan meminta semua pedagang memperlihatkan harga

Sri Sultan Minta Peristiwa Harga Pecel Lele Tak Terulang  Humas Kepatihan Yogyakarta

Meskipun hal ini merupakan tugas dari Pemerintah Kota Yogyakarta, dirinya berharap tak ada lagi kejadian serupa terulang kembali. Tanpa memperlihatkan daftar harga menu makanan kepada konsumen, usaha kuliner di mana pun akan berpotensi memunculkan masalah.

"Kalau saya jangan terulanglah. Semua yang di Malioboro dan sebagainya itu kan daftar makanan ini semua sudah ada. Itu diperlihatkan saja, toh juga sudah ada harganya,"ujar Sultan.

2. Sultan juga soroti biaya retribusi

Sri Sultan Minta Peristiwa Harga Pecel Lele Tak Terulang  Ilustrasi uang (IDN Times/Arief Rahmat)

Selain pemasangan daftar harga makanan, daftar harga, Sultan juga menyoroti mengenai pemungutan biaya retribusi lapak dagangan oleh pemerintah daerah. Menurut Sultan, ketentuannya besarannya harus jelas untuk menghindari peluang korupsi.

"Nanti retribusinya tidak jelas, harganya ya tidak jelas. Pekerjaan seperti itu paling mudah untuk dikorupsi, kan gitu masalahnya. Jadi jangan sampailah," pinta Sultan. 

 

3. 3 warung pecel ditutup sementara

Sri Sultan Minta Peristiwa Harga Pecel Lele Tak Terulang  Wisatawan mengeluh harga makanan di Malioboro tak wajar. (Tangkapan layar tiktok.com/@aulroket)

Pemerintah Kota Yogyakarta telah memutuskan menutup sementara terhadap tiga warung pecel lele di Jalan Perwakilan, kawasan Malioboro. Penjual di warung tersebut terindikasi memberikan harga tidak wajar terhadap menu makanan pecel lele, yang akhirnya berujung viral di media TikTok.  

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya