Sri Sultan HB X Minta Perantau Tak Pulang ke Yogyakarta

Sri Sultan minta awasi jalan tikus

Kota Yogyakarta, IDN Times - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X meminta perantau tidak pulang kampung menjelang Lebaran 2021

"Jangan pulang dulu, situasinya kan mereka juga kalau mematuhi kan tidak bisa keluar dari Jakarta, keluar dari Jawa Tengah gitu juga. Jadi bagaimana aturan itu dipatuhi," kata Sultan HB X, di Kantor Kepatihan, Yogyakarta, Kamis (30/4/2021). 

Baca Juga: Sultan HB X Tak Larang Warga Yogyakarta Mudik Sebelum 6 Mei 2021

1. Warga DIY jangan pergi ke luar kota

Sri Sultan HB X Minta Perantau Tak Pulang ke YogyakartaSpanduk ajakan tidak mudik di Serang, Banten (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Bagi warga yang bertempat tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan meminta hal sebaliknya yaitu tidak melakukan perjalanan ke luar kota. JIka ingin bepergian cukup di dalam kota saja. 

"Ya boleh untuk mobilitas di dalam wilayah DIY," ujar Sultan seperti dilansir Antara

2. Awasi jalan tikus

Sri Sultan HB X Minta Perantau Tak Pulang ke YogyakartaJalan masuk ke kampung ditutup portal untuk antisipasi warga yang keluar masuk. Dok/istimewa

Sri Sultan juga meminta Satgas COVID-19 untuk mengaktifkan pengawasan di sejumlah jalan tikus menuju dan keluar dari DIY. Peningkatan pengawasan ini dilakukan hingga level RT/RW. 

"Iya makannya, saya itu lebih penting masuk desa, masuk RT/RW dikontrol yang penting itu," kata dia lagi.

3. Destinasi wisata tetap dibuka di libur lebaran

Sri Sultan HB X Minta Perantau Tak Pulang ke YogyakartaIlustrasi wisatawan yang berkunjung di salah satu pantai di Gunungkidul. IDN Times/Paulus Risang

Tentang destinasi wisata yang tetap dibuka selama libur Lebaran, Sri Sultan menyatakan tidak mempermasalahkan. Namun pengelola dan pengunjung harus tetap mematuhi protokol kesehatan. 

"Tidak apa-apa yang penting pakai masker, protokol kesehatan. Mobilitas tetap di dalam wilayah Yogyakarta. Sudah 95 persen hijau, jangan keluar kota," jawab Sultan.

 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya