Selama Puasa, Pengelola Hotel di Jogja Bidik Wisatawan Keluarga  

Hotel siapkan paket bukber sejak tanggal 3 April

Yogyakarta, IDN Times - Menjelang bulan suci Ramadan, pelaku usaha hotel di Jogja membidik wisatawan segmen keluarga. Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Deddy Pranowo mengatakan biasanya keluarga nonmuslim memilih momen puasa untuk berlibur di Jogja.  

"Kami membidik calon wisatawan keluarga yang nonmuslim. Saat bulan puasa mereka justru berdatangan di DIY karena suasana sepi dan hotel pasti memiliki harga yang relatif murah," kata Deddy, Jumat (25/3/2022).

1. Pemesanan hotel mulai dilakukan

Selama Puasa, Pengelola Hotel di Jogja Bidik Wisatawan Keluarga  Ketua PHRI DIY, Deddy Pranowo. Instagram.com/ deddypranowo

Potensi kunjungan wisatawan nonmuslim, menurut Deddy , terbukti dengan mulai munculnya pemesanan kamar hotel untuk bulan puasa dari berbagai daerah seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Kalimantan.

"Reservasi yang masuk di bulan puasa sekitar 20 persen. Kamar hotel yang dipesan masih didominasi bintang tiga ke atas," kata Deddy dikutip Antara.

Baca Juga: Perhelatan G20 Dongkrak Keterisian Hotel di Jogja hingga 20 Persen  

2. Bidik paket bukner bukan dari kalangan ASN

Selama Puasa, Pengelola Hotel di Jogja Bidik Wisatawan Keluarga  pexels.com/fauxels

Berbagai strategi disiapkan para pelaku usaha agar tetap keterisian kamar hotel di Jogja tidak merosot seperti tahun sebelumnya. Paket buka puasa bersama pun telah disiapkan. 

Deddy mengatakan untuk paket buka puasa, hotel dan restoran hanya mengandalkan keluarga karena Presiden Joko Widodo telah melarang ASN atau pejabat pemerintah menggelar buka bersama. "Maka kami harus punya strategi baru, yang kami bidik yang bukan ASN," kata dia.

Ia berharap dampak positif dari gelaran pertemuan G20 ditambah penurunan level PPKM di Yogyakarta masih terasa hingga memasuki Ramadan.

 

3. Hotel siapkan paket buka bersama sejak tanggal 3 April

Selama Puasa, Pengelola Hotel di Jogja Bidik Wisatawan Keluarga  Grand Inna Malioboro. Instagram / grandinnamalioboro

General Manager Hotel Grand Inna Malioboro Ni Komang Darmiati menuturkan menyambut bulan puasa telah menyiapkan sejumlah paket pertemuan dan staycation.

Hotel yang berada di Jalan Malioboro itu mulai membuka food festival pada 3 April 2022 dengan menyuguhkan beragam menu buka puasa dengan paket hemat seperti aneka takjil, gorengan, stahl, kambing guling serta nasi briani. "Jadi semakin banyak (paket pemesanan) harga akan semakin murah," ungkap Darmiati.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya