Sejak Dini Hari, Merapi Keluarkan 13 Kali Guguran Lava Pijar 

Status Gunung Merapi saat ini tetap siaga

Sleman, IDN Times -  Aktivitas Gunung Merapi hari ini Sabtu (13/7/2021) mengeluarkan 13 kali guguran lava pijar dengan jarak luncur sejauh 1 Kilometer ke arah barat daya. Hal ini berdasarkan pengamatan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) pukul 00.00 sampai 06.00 WIB.

"Teramati 13 kali guguran lava pijar dengan jarak luncur maksimal 1.000 meter ke barat daya," papar Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Hanik Humaida melalui keterangan tertulis, Sabtu (6/3/2021). 

1. Merapi alami 50 gempa guguran

Sejak Dini Hari, Merapi Keluarkan 13 Kali Guguran Lava Pijar Gunung Merapi mengeluarkan lava pijar yang terlihat dari Wonorejo, Hargobinangun, Pakem, Sleman, D.I Yogyakarta, Senin (18/1/2021). ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Selain aktivtas guguran lava pijar, gunung yang terletak di perbatasan DI Yogyakarta dan Jawa Tengah in juga mengalami 50 kali gempa guguran dengan amplitudo 3-35 mm selama 8-100 detik, serta lima kali gempa hembusan dengan amplitudo 2-9 mm selama 8-24 detik.

Baca Juga: 3 Efek Setelah Vaksinasi, Selalu Merasa Lapar  

2. Asap kawah berwarna putih

Sejak Dini Hari, Merapi Keluarkan 13 Kali Guguran Lava Pijar ANTARA FOTO/Rudi/hn/pd

Cuaca saat pengamatan Merapi cerah berawan. Angin bertiup lemah hingga sedang ke arah timur, barat, dan barat laut dengan suhu udara 14-23 derajat Celsius, kelembaban udara 64-85 persen dan tekanan udara 569-708 mmHg.

Asap kawah teramati berwarna putih dengan intensitas sedang hingga tebal dan tinggi 400 meter di atas puncak kawah.

3. Status Merapi tetap siaga

Sejak Dini Hari, Merapi Keluarkan 13 Kali Guguran Lava Pijar Kepala BPPTKG, Hanik Humaida IDN Times/Tunggul Damarjati

Hingga hari ini BPPTKG masih mempertahankan status Gunung Merapi pada Level III atau Siaga.

Hingga saat ini diperkirakan dampak guguran lava dan awan panas Gunung menuju ke wilayah sektor selatan-barat daya yang meliputi Sungai Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, Putih. 

Saat terjadi letusan, lontaran material vulkanik dari Gunung Merapi juga diperkirakan dapat menjangkau daerah dalam radius tiga kilometer dari puncak gunung.*

Baca Juga: Virus Corona B117 Kebal Vaksin? Ini Kata Pakar UGM

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya