Satpol PP Gelar Patroli, Anak Keluyuran Malam Hari di Jogja Berkurang 

Satpol PP tetap berpatroli di seluruh wilayah Yogyakarta

Yogyakarta, IDN Times - Satuan Polisi Pamong Praja Kota Yogyakarta menyatakan saat ini jarang menemukan pelanggaran jam malam yang dilakukan anak di bawah 18 tahun.
Meski demikian, Satpol PP Kota Yogyakarta tetap rutin menggelar patroli pengawasan jam malam anak. Patroli itu digelar sesuai dengan Peraturan Wali Kota Yogyakarta Nomor 49 Tahun 2022

“Sekarang, sudah sangat jarang ditemukan anak-anak berusia di bawah 18 tahun yang masih nongkrong atau berada di luar rumah di atas jam 10 malam. Tetapi patroli tetap rutin dilakukan,” ujar Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Yogyakarta Agus Winarto, Senin (1/8/2022).

1. Aturan jam malam efektif diberlakukan

Satpol PP Gelar Patroli, Anak Keluyuran Malam Hari di Jogja Berkurang Kepala Satpol PP Kota Yogyakarta Agus Winarto. IDN Times/Tunggul Damarjati

Menurut Agus, aturan jam malam bagi anak di Kota Yogyakarta cukup efektif mencegah anak berada di luar rumah saat malam hari dari pukul 22.00 WIB hingga 04.00 WIB tanpa kegiatan jelas dan tidak didampingi orangtua.

2. Satpol PP sering temukan anak nongkrong hingga larut malam di game center

Satpol PP Gelar Patroli, Anak Keluyuran Malam Hari di Jogja Berkurang Ilustrasi main game. (IDN Times/Mardya Shakti)

Agus Winarto menambahkan sebelumnya masih kerap ditemukan anak-anak yang menghabiskan waktu saat malam hari. Mereka berada di game center atau warung makan hingga lebih dari pukul 22.00 WIB.

Saat berpatroli, kata Agus, petugas di lapangan akan mengecek identitas anak dari KIA atau kartu pelajar dan petugas akan memberikan pembinaan kepada anak-anak untuk segera pulang ke rumah.

"Sekarang sudah jarang ditemukan anak-anak yang masih di luar rumah saat malam hari. Mungkin orangtua sudah memiliki kesadaran untuk mengingatkan anak pulang sebelum pukul 22.00 WIB," ujarnya dikutip Antara. 

Baca Juga: 10 Film dan Series yang Syuting di Jogja, Ada Satria Dewa Gatotkaca

3. Patroli dilakukan tiga kali dalam sepekan

Satpol PP Gelar Patroli, Anak Keluyuran Malam Hari di Jogja Berkurang Ilustrasi Petugas Satpol PP. ANTARA/HO-Satpol PP Jaktim/am

Agus mengatakan patroli dilakukan tiga kali dalam sepekan dengan jadwal yang berbeda-beda. Kegiatan ini juga tidak selalu dilakukan saat akhir pekan.

“Hingga saat ini, belum ada anak yang dijatuhi sanksi, baru sebatas pembinaan karena memang belum ada anak yang diketahui melakukan pelanggaran dua kali berturut-turut,” katanya.

Baca Juga: Ini yang Dilakukan Pemkot Yogyakarta Cegah Klitih   

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya