Salma Wibowo, Murid SMA N 8 Yogyakarta Wakili DIY Jadi Paskibraka    

DIY juga kirimkan 1 pelajar putra dari SMA N 1 Sleman

Yogyakarta, IDN Times - Ghania Taufica Salma Wibowo, pelajar asal SMA Negeri 8 Yogyakarta terpilih mewakili Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi bagian dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) nasional yang akan bertugas dalam peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI tahun ini.

“Saya merasa sangat senang dan bangga tetapi sekaligus deg-degan karena akan mewakili DIY di tingkat nasional. Tetapi, saya akan berusaha mengerahkan kemampuan terbaik,” kata Salma, Selasa (12/7/2022). 

Salma akan bertugas sebagai Paskibraka nasional bersama siswa putra asal SMA Negeri 1 Sleman. Ia akan masuk ke pemusatan latihan bersama anggota Paskibraka lainnya pada 15 Juli 2022.

 

 

1. Salma bercita-cita ingin menjadi paskibra

Salma Wibowo, Murid SMA N 8 Yogyakarta Wakili DIY Jadi Paskibraka    Ghania Taufica Salma Wibowo, pelajar asal SMA Negeri 8 Yogyakarta, perwakilan DIY menjadi Paskibraka / Antara foto


Pelajar kelahiran 30 Desember 2006 ini mengatakan keinginannya menjadi anggota Paskibraka menjadi kenyataan. “Saat melihat Paskibra, ada kewibawaan yang terpancar. Makanya, dari kecil memang sudah ingin bergabung sebagai Paskibra,” katanya dikutip Antara. 

Dalam keluarganya, tak hanya dirinya yang pernah menjadi anggota pengibar bendera. Dua saudara sepupunya, juga pernah bertugas sebagai pasukan pengibar bendera di tingkat DIY pada 2015. 

 

Baca Juga: Profil Lengkap Sheila On 7, Band Legendaris Jogja Minim Haters

2. Salma berprestasi di olahraga tenis

Salma Wibowo, Murid SMA N 8 Yogyakarta Wakili DIY Jadi Paskibraka    Ilustrasi Pelajar. (IDN Times/Mardya Shakti)

Salma, selain aktif di organisasi kesiswaan dengan menjabat sebagai Ketua 2 OSIS SMA Negeri 8 Yogyakarta, juga menekuni tenis, bahkan sudah memenangkan 45 kejuaraan tenis dari 2015-2022, baik tingkat kabupaten, provinsi, nasional, maupun internasional.

Kejuaraan internasional yang pernah diikuti putri dari pasangan Setyo Wibowo dan Setyawati tersebut adalah International Junior Tennis Championship pada 2016 hingga 2018.

3. Seleksi dilakukan terhadap 384 siswa

Salma Wibowo, Murid SMA N 8 Yogyakarta Wakili DIY Jadi Paskibraka    Paskibraka 2020 berlatih di tengah pandemik COVID-19 (Dok.Biro Pers Istana)

Pimpinan Subkoordinator Kelompok Substansi Pembinaan Kepemudaan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kota Yogyakarta Mugi Suyatno mengatakan perjalanan Salma terpilih menjadi wakil DIY di tingkat nasional dimulai dari seleksi tingkat Kota Yogyakarta pada pertengahan Februari lalu.

“Kami menyeleksi 384 siswa, masing-masing 192 putra dan putri dari 23 sekolah negeri dan swasta di Yogyakarta hingga tersaring beberapa siswa untuk mengikuti seleksi di provinsi dan akhirnya Salma terpilih sebagai wakil DIY,” katanya.

 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Penyewaan hingga Tur Wisata Sepeda di Jogja   

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya