Salat Idul Fitri 1444 H di Jogja Digelar di 970 Lokasi  

Jumlah jemaah terbesar di Masjid Syuhada dan Kauman

Yogyakarta, IDN Times - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mencatat jumlah lokasi pelaksanaan Salat Idul Fitri 1444 Hijriah sebanyak 970 titik. Tempat ini terdiri dari masjid, musala, dan lapangan.

1. Lokasi Salat Idul Fitri tahun ini tidak berbeda dari tahun kemarin

Salat Idul Fitri 1444 H di Jogja Digelar di 970 Lokasi  Jamaah melaksanakan ibadah Salat Jumat di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (11/2/2022). Pada masa PPKM level 3, Masjid Istiqlal masih mengadakan kegiatan ibadah Salat Jumat dengan membatasi jumlah jamaah maksimal 50 persen (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Data lokasi salat Idul Fitri tersebut tidak jauh berbeda dibandingkan tahun lalu meski jumlahnya masih memungkinkan bertambah.

"Sudah hampir 1.000 lokasi, sampai saat ini masih kami lakukan pendataan," kata Kepala Bidang Penerangan Agama Islam, Pemberdayaan Zakat, dan Wakaf Kanwil Kemenag DIY Nurhuda, dikutip Antara, Rabu (13/4/2023). 

 

2. Sebagian menggelar Salat Id tanggal 21 April 2023

Salat Idul Fitri 1444 H di Jogja Digelar di 970 Lokasi  IDN Times/Rangga Erfizal

Dari 970 lokasi yang terdata, sebagian menyatakan bakal menggelar Salat Idul Fitri tanggal 21 April 2023, dan sebagian lainnya akan menunggu keputusan pemerintah berdasar pada hasil sidang isbat.

"Perbedaan pelaksanaan Salat Idul Fitri bukan hal yang baru. Kami dari Kemenag tentu melakukan upaya-upaya memberikan pemahaman bahwa dengan perbedaan itu masyarakat tetap saling menghormati dan menghargai," katanya.

Baca Juga: 9 Tips Mencuci dan Merawat Sajadah, Salat Makin Nyaman

3. Jumlah jemaah terbesar di Masjid Syuhada dan Kauman

Salat Idul Fitri 1444 H di Jogja Digelar di 970 Lokasi  Masjid Syuhada Yogyakarta. dok. Simas Kemenag

Jumlah jamaah yang cukup besar di Kota Yogyakarta diperkirakan di Masjid Syuhada Yogyakarta serta Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta.

"Salah satunya terpusat di Masjid Syuhada yang sekarang telah menjadi Masjid Agung di Kota Yogyakarta. Kemudian, jamaah dalam jumlah besar juga diperkirakan berlangsung di lapangan dan masjid-masjid agung kabupaten lain," katanya.

Kendati kasus penularan COVID-19 telah melandai, Nurhuda mengimbau warga tetap menerapkan protokol kesehatan saat melaksanakan shalat Idul Fitri.

 

Baca Juga: Unik, Jam Matahari Jadi Penanda Waktu Salat di Masjid Kauman Pandak

Baca Juga: Masjid Gedhe Kauman, Saksi Perjuangan Rakyat Indonesia

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya