Ratusan Wisatawan Batal Piknik di Gembira Loka Yogyakarta  

Wisatawan yang dapat masuk Gembira Loka hanya 50 orang   

Kota Yogyakarta, IDN Times - Ratusan pengunjung Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta, terpaksa urung menikmati tempat wisata yang baru saja mendapat izin buka dari Kemenparekraf. 

Kepala Bagian Humas dan Promosi GL Zoo, Fahmi Ramadhan mengatakan pada Minggu (19/9/2021), pihaknya terpaksa menolak sebanyak 600 pengunjung. 

"Banyaknya wisatawan yang ditolak masuk akibat regulasi yang melarang anak di bawah 12 tahun memasuki tempat wisata.," terang Fahmi dikutip Antara pada Kamis (23/9/2021). 

 

 

1. Jumlah wisatawan masuk tempat wisata lebih sedikit dibanding yang ditolak

Ratusan Wisatawan Batal Piknik di Gembira Loka Yogyakarta  Program bersepeda di Kebun binatang Gembira Loka. Instagram/glzoojogja

Menurut Fahmi, pengunjung yang bisa masuk setelah melakukan pemindaian barcode (QR code) aplikasi PeduliLindungi rata-rata hanya 40 hingga 50 orang per hari. Angka ini lebih sedikit dibandingkan jumlah wisatawan yang ditolak.

"Jadi bukan tertolak karena aplikasi PeduliLindungi tapi tidak bisa masuk karena sebagian besar membawa anak-anak. Padahal anak-anak adalah segmentasi kami," ujar Fahmi.

 

Baca Juga: Bikers, Ada Tempat Baru Bersepeda di Kebun Binatang Gembira Loka

2. Manajemen minta larangan usia di bawah 12 tahun diubah

Ratusan Wisatawan Batal Piknik di Gembira Loka Yogyakarta  Instagram.com/glzoojogja

Manajemen Gembira Loka Zoo mengusulkan aturan larangan anak di bawah 12 tahun masuk tempat wisata selama uji coba yang tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 43 Tahun 2021 dapat dikaji kembali.

Destinasi wisata ruang terbuka seperti kebun binatang, menurut Fahmi dinilai cukup aman bagi anak-anak, termasuk yang berusia di bawah 12 tahun. Selain memiliki lahan yang luas, aturan protokol kesehatan diterapkan secara ketat.

"Selama orang tuanya sudah divaksin dan dapat menggunakan PeduliLidungi, kami jamin aman," ucap dia.

3. Tarif tiket masuk Gembira Loka Rp75 ribu

Ratusan Wisatawan Batal Piknik di Gembira Loka Yogyakarta  www.tripadvisor.com

 

Selama masa uji coba, Fahmi memastikan tidak ada pengunjung yang datang dengan rombongan besar. Kebanyakan adalah pengunjung kategori keluarga yang rata-rata terdiri atas dua sampai lima orang.

Manajemen juga tidak mengubah harga tiket masuk yakni Rp60 ribu untuk Senin hingga Kamis, sedangkan Sabtu-Minggu Rp75 ribu per orang.

 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya