PPDB SMP 2022, Pemkab Yogyakarta Kurangi Zonasi Wilayah 5 Persen   

Pendaftaran SMP Negeri dimulai 10-15 Juni 2022 

Kota Yogyakarta, IDN Times - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta mengurangi kuota zonasi wilayah sebanyak 5 persen. Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta Budhi Asrori mengatakan kuota wllayah yang tersedia saat ini menjadi 15 persen. 

“Kuota 15 persen ini dihitung berdasarkan total kuota siswa baru yang diterima tahun ini. Bukan kuota per sekolah. Kuota ditambahkan untuk zonasi mutu,” ujar Budhi Asrori, Selasa (31/5/2022). 

 

 

 

 

1. PPDB zonasi wilayah hanya untuk calon siswa SMP yang berasal dari Kota Yogyakarta

PPDB SMP 2022, Pemkab Yogyakarta Kurangi Zonasi Wilayah 5 Persen   Ilustrasi Pelajar (SMP). IDN Times/Mardya Shakti

PPDB zonasi wilayah hanya ditujukan untuk siswa yang berasal dari Kota Yogyakarta saja atau penduduk Kota Yogyakarta yang dibuktikan dengan kartu keluarga. Pengurangan kuota untuk zonasi wilayah tersebut dilakukan berdasarkan hasil evaluasi PPDB pada tahun sebelumnya dengan harapan meningkatkan akses untuk siswa yang bertempat tinggal di Yogyakarta bagian selatan.

“Jumlah SMP di Yogyakarta bagian selatan lebih sedikit dibanding di Yogyakarta bagian utara. Dari 16 SMP negeri, sebanyak 11 berada di sisi utara dan sisanya ada di selatan,” katanya.

“Pada tahun ini, jumlah kursi untuk zonasi wilayah bagi SMP di bagian selatan akan ditingkatkan dan untuk di bagian utara akan diperkecil,” imbuh Budhi dikutip Antara.

2. Total kursi yang disediakan untuk jenjang SMP tercatat sebanyak 3.466 siswa

PPDB SMP 2022, Pemkab Yogyakarta Kurangi Zonasi Wilayah 5 Persen   Ilustrasi PPDB. ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Selain zonasi wilayah, PPDB SMP juga dilakukan melalui jalur zonasi mutu dengan persaingan utama pada hasil ASPD. Kuota yang disiapkan sebanyak 44 persen.

Selain itu, juga dibuka PPDB dari jalur bibit unggul daerah sebanyak 10 persen, prestasi luar kota 10 persen, mutasi dan kemaslahatan guru lima persen, afirmasi warga miskin 11 persen, dan afirmasi disabilitas lima persen.

Total kursi yang disediakan untuk jenjang SMP tercatat sebanyak 3.466 siswa. “Tidak semua siswa lulusan SD bisa diterima di SMP negeri di Kota Yogyakarta karena pada tahun ini akan ada sekitar 7.000 siswa SD yang lulus,” katanya.

 

Baca Juga: Berencana Daftar SMP di Sleman, Ini Aturan yang harus Diketahui 

3. Calon siswa bisa mengajukan pendaftaran mulai 10-15 Juni dengan memilih tiga SMP

PPDB SMP 2022, Pemkab Yogyakarta Kurangi Zonasi Wilayah 5 Persen   Ilustrasi siswa SMPN dan orang tuanya. (ANTARA FOTO/Septianda Perdana)

PPDB untuk zonasi wilayah tersebut seluruhnya akan dilakukan secara daring melalui laman yogya.siap-ppdb.com. Calon siswa bisa mengajukan pendaftaran mulai 10-15 Juni dengan memilih tiga SMP.

Selanjutnya, melakukan verifikasi pendaftaran di salah satu SMP pilihan pada 13-15 Juni dengan membawa kelengkapan syarat pendaftaran yaitu hasil cetak pengajuan pendaftaran, surat keterangan hasil Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD), dan fotokopi kartu keluarga.

 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya