Peringati HUT RI, Ribuan Bendera Merah Putih Dipasang di Kota Jogja

Warga sambut antusias perayaan HUT RI

Yogyakarta, IDN Times - Peringati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Kemerdekaan RI di Kota Yogyakarta dimeriahkan pemasangan ratusan ribu Bendera Merah Putih dan umbul-umbul. Bendera dan umbul-umbul telah terpasang di jalan utama hingga jalan perkampungan di Kota Yogyakarta.

“Kami menghitung betul jumlah bendera dan umbul-umbul yang terpasang di perkampungan dan di sudut-sudut kota. Jumlahnya sekitar 860.000 pada akhir pekan lalu dan dimungkinkan bertambah menjelang 17 Agustus,” kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Yogyakarta Budi Santosa, Senin (15/8/2022).

1. Warga beri respons positif untuk semarakkan HUT RI

Peringati HUT RI, Ribuan Bendera Merah Putih Dipasang di Kota Jogja(Ilustrasi) IDN Times/Indah Permata Sari

Budi Santosa menambahkan warga Kota Yogyakarta memberikan tanggapan yang sangat baik saat ada imbauan untuk menyemarakkan perayaan HUT Ke-77 Republik Indonesia Tahun 2022. Warga langsung memasang bendera, umbul-umbul, dan membuat beraneka hiasan di sudut jalan sebagai bentuk partisipasi.

“Sepertinya ada euforia di masyarakat karena pada tahun ini sudah bisa memperingati HUT Kemerdekaan RI dengan lebih longgar dibanding dua tahun sebelumnya karena pandemi,” katanya dikutip Antara. 

2. Perayaan HUT RI tahun ini lebih meriah

Peringati HUT RI, Ribuan Bendera Merah Putih Dipasang di Kota Jogjailustrasi bendera Indonesia (IDN Times/Aldila Muharma)

Menurut Budi Santosa, suasana perayaan Kemerdekaan RI pada tahun ini jauh lebih meriah dibanding dua tahun sebelumnya. “Banyak masyarakat dan kampung yang sudah menggelar aneka perlombaan. Tentunya, ini bentuk partisipasi masyarakat,” katanya yang tetap menekankan pentingnya protokol kesehatan saat menggelar berbagai acara.
Selain mengimbau pemasangan bendera dan umbul-umbul, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Yogyakarta membagikan 500 bendera sebagai aksesoris di spion kendaraan bermotor. “Kemarin kami membagikan sekitar 500 bendera untuk hiasan di kendaraan bermotor dan langsung habis,” katanya.

Baca Juga: 13 Promo Makan 17 Agustus di Jogja, Jangan Sampai Kehabisan!

3. Sirine di lima penjuru Kota Yogyakarta akan dibunyikan

Peringati HUT RI, Ribuan Bendera Merah Putih Dipasang di Kota JogjaIDN Times/Daruwaskita

Sementara itu, Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI di Kota Yogyakarta akan dipusatkan di Halaman Balai Kota Yogyakarta.

“Persiapan sudah matang. Tetapi, akan ada pembatasan jumlah peserta yang hadir di Balai Kota Yogyakarta dari semula 1.000 orang menjadi sekitar 40 persen saja,” ujarnya.

Dalam Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI tersebut akan diiringi suara sirene yang dibunyikan dari lima penjuru kota saat detik-detik proklamasi, di antaranya dari Jalan Hayam Wuruk, Pasar Beringharjo, Plengkung Gading, dan Pusat Komando Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Yogyakarta. “Harapannya, masyarakat dapat menghentikan sejenak aktivitas mereka saat sirene detik-detik proklamasi dibunyikan,” katanya.

Baca Juga: Peringati HUT Kemerdekaan, SAR DIY Gelar Upacara di Tengah Laut Baron‎

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya