Comscore Tracker

Peringati Hari AIDS, Daniel Ingatkan Remaja di Jogja untuk Hidup Sehat

Jumlah penyintas di DIY cenderung turun 

Kota Yogyakarta, IDN Times - Bertepatan peringatan hari AIDS Sedunia yang diperingati hari ini, 1 Desember dimanfaatkan sekelompok millennial Yogyakarta untuk memberikan edukasi dan bahaya di kalangan remaja. 

Aksi yang digelar di sekitar Tugu Pal Putih, diinisiasi oleh selebgram asal Yogyakarta, Daniel Cahya Saputra dengan cara membagikan brosur edukasi seputar HIV dan AIDS

1. Beri pesan kepada anak muda

Peringati Hari AIDS, Daniel Ingatkan Remaja di Jogja untuk Hidup SehatIlustrasi AIDS (IDN Times/Mardya Shakti)

Dalam aksinya Daniel membagikan brosur edukasi seputar HIV dan AIDS, serta kalender dan pita sebagai simbol perayaan hari AIDS sedunia kepada para pengguna jalan di kawasan Tugu.

Aksi peduli yang dilakukan dengan membentangkan poster edukasi HIV AIDS bertujuan untuk memberi pesan kepada generasi muda tentang pentingnya edukasi dan bahayanya di kalangan remaja.

"Remaja saat ini begitu minim pengetahuan tentang seksualitas, sehingga banyak dari mereka yang sering coba-coba untuk melakukan hubungan seksualitas di luar nikah. Dan hubungan seksualitas itu dilakukan tidak hanya dengan satu pasangan namun dengan ganti pasangan. Perilaku atau sikap yang seperti demikian tentunya dapat terkena HIV yang sangat membahayakan diri kita dan orang lain," jelas Daniel, Rabu (1 /12/2021).

2. Ajak masyarakat peduli hidup sehat

Peringati Hari AIDS, Daniel Ingatkan Remaja di Jogja untuk Hidup SehatAksi peringatan AIDS Sedunia oleh Daniel Cahya Saputra di Yogyakarta / Istimewa

Pemilik akun Instagram @dj.danielsaputra21 ini mengajak masyarakat untuk meningkatkan kepedulian sehingga mampu menekan laju epidemi virus HIV.

"Hal ini juga memberikan edukasi dan instrospeksi diri kita juga masyarakat tentang bahaya HIV dan AIDS, meningkatkan kepedulian, kepekaan dan komitmen seluruh unsur masyarakat berkaitan dengan penanggulangan HIV dan AIDS di Indonesia," ucapnya.

Baca Juga: Bentrok di Jalan Laksda Adisucipto Sleman, Polisi Amankan 2 Orang 

3. Jumlah penyintas di DIY cenderung turun

Peringati Hari AIDS, Daniel Ingatkan Remaja di Jogja untuk Hidup Sehatilustrasi pita HIV, salah satu kondisi yang sebabkan kekebalan tubuh melemah (freepik.com/jcomp)

Sementara itu, dara dari Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) DIY mengungkapkan angka HIV/AIDS (ODHA) 1993-2021, jumlah penyintas di DIY tahun 2021 cenderung turun. Jumlah penyintas tercatat sebanyak 49 AIDS dan 138 HIV. Sedangkan berdasarkan golongan usia, penyintas HIV tertinggi adalah berumur 20-29 sebanyak 1.775 serta usia 30-39 tahun berjumlah 1.701. 

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya