Pendaftaran CPNS Pemkot Yogyakarta, Pelatih Atlet Tak Diminati  

20.994 pelamar telah mengirimkan berkas

Kota Yogyakarta, IDN Times - Penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) Pemerintah Kota Yogyakarta tahun ini dibanjiri pelamar. Dari 546 formasi yang dibutuhkan, hingga batas akhir pendaftaran sebanyak 20.994 pelamar telah mengirimkan berkas. 

“Jumlah tersebut merupakan pelamar yang melakukan submit terhadap formulir pendaftaran. Jumlah yang sudah mengisi formulir pendaftaran lebih banyak lagi, yaitu 22.296 pelamar,” ujar Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Yogyakarta Indah Setiawati Selasa (27/7/2021). 

1. Ini formasi yang paling diminati

Pendaftaran CPNS Pemkot Yogyakarta, Pelatih Atlet Tak Diminati  Ilustrasi Pendaftaran CPNS (IDN Times/Mardya Shakti)

Formasi dengan tingkat persaingan paling tinggi adalah ahli pertama pamong belajar yang akan ditempatkan di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta. Jumlah formasi yang disediakan untuk hanya empat orang, namun pelamarnya mencapai 4.603 orang.

Formasi lain yang juga memiliki persaingan cukup ketat adalah ahli pertama auditor yang akan ditempatkan di Inspektorat. Formasi dibuka untuk tujuh orang dengan jumlah pelamarnya mencapai 1.297 orang.

 

Baca Juga: Akses ke Kawasan Malioboro Dibuka Lagi Mulai Rabu, Cermati Aturan Ini!

2. Formasi pelatih atlet tak diminati

Pendaftaran CPNS Pemkot Yogyakarta, Pelatih Atlet Tak Diminati  ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Namun ada juga formasi yang paling sedikit mendapatkan perhatian. Artinya jumlah pelamar yang mendaftar kurang dari alokasi yang disediakan.

Kedua formasi tersebut adalah pelatih atlet dengan alokasi dua formasi, tetapi baru ada satu pelamar yang mendaftar, dan formasi terampil Polisi Pamong Praja dengan 38 formasi, tetapi baru ada 26 pelamar yang mendaftar.

Namun pelamar yang mendaftar tersebut tidak serta-merta akan langsung dinyatakan lolos seleksi CPNS. “Tetap harus mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB) dan nilai yang diperoleh harus sesuai passing grade yang ditetapkan,” ujar Indah dilansir Antara.  

3. 400 pendaftar tak penuhi syarat

Pendaftaran CPNS Pemkot Yogyakarta, Pelatih Atlet Tak Diminati  Ilustrasi pengiriman berkas CPNS ANTARA FOTO/Septianda Perdana

Menurut Indah, saat ini sedang dilakukan proses verifikasi terhadap formulir pendaftaran pelamar, dan diketahui sudah ada sekitar 400 pendaftar yang dinyatakan tidak memenuhi syarat administrasi pendaftaran.

Beberapa faktor yang menjadi penyebab, di antaranya ijazah yang diunggah saat pendaftaran tidak asli atau tidak menyertakan transkrip nilai yang lengkap.

“Ada juga pelamar yang tidak sesuai kualifikasi. Misalnya, formasi yang dilamar adalah untuk D-3 tetapi ijazahnya S-1.”

 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya