Pemkab Sleman Targetkan Akhir Tahun 70 Persen Warga Sudah Divaksinasi

Antusias masyarakat untuk ikut vaksin tinggi

Sleman, IDN Times - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman menargetkan 70 persen warganya sudah tervaksin pada akhir tahun. Untuk mencapai target itu, Pemkab Sleman terus melakukan upaya percepatan vaksinasi COVID-19 untuk seluruh masyarakat setempat dan ditargetkan pada Desember 2021 

"Capaian vaksinasi di Kabupaten Sleman terus mengalami peningkatan. Dari 1 juta orang penduduk Sleman, saat ini sudah divaksin sudah tercapai 296.000 orang," ujar Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo di Sleman, Jumat (23/7/2021). 

Jumlah itu, kata Kustini, memang masih jauh target dari 70 persen hingga akhir tahun.

"Tapi kami optimistis dengan berbagai percepatan yang dilakukan, di akhir tahun 70 persen masyarakat yang telah divaksin bisa kita capai," katanya.

Baca Juga: Epidemiolog UGM Nilai PPKM Belum Berdampak Turunkan Kasus COVID-19

1. Masyarakat Sleman antusias mengikuti vaksinasi

Pemkab Sleman Targetkan Akhir Tahun 70 Persen Warga Sudah DivaksinasiIlustrasi vaksinasi (ANTARA FOTO/Fauzan)

Dilansir Antaraa, menurut Kustini warga Sleman sangat antusias dengan program vaksinasi. Hal tersebut dapat dilihat dari seringnya terjadi antrean peserta vaksin di sejumlah layanan fasilitas kesehatan.

"Memang ada banyak laporan antrean. Yang mana kita sangat senang. Tapi kita terus berbenah agar antrean yang terjadi ini tidak menimbulkan klaster dan kejadian yang tidak diinginkan lainnya," ujarnya.

2. Bupati minta warga yang sudah divaksinasi untuk taat prokes

Pemkab Sleman Targetkan Akhir Tahun 70 Persen Warga Sudah DivaksinasiKampanye Prokes di Stasiun Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Masyarakat yang telah divaksin, kata Bupati, diminta tetap mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan berbagai aktivitas. Menurutnya, vaksin bukan kunci utama seseorang tidak terkena virus COVID-19.

"Protokol kesehatan dan vaksin ini saling melengkapi. Jadi tidak boleh hanya dipilih salah satu. Semoga ikhtiar ini membawa dampak baik menurunnya kasus COVID-19 di Kabupaten Sleman," ujar Kustini Sri Purnomo.

3. Sasaran vaksinasi anak masih rendah

Pemkab Sleman Targetkan Akhir Tahun 70 Persen Warga Sudah DivaksinasiVaksinasi anak usia 12 - 17 tahun di Kota Yogyakarta. IDN Times / Febriana Sinta

Data Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman menyatakan per 19 Juli, jumlah SDM jesehatan yang telah divaksinasi dosis pertama mencapai 19.836 orang, dan dosis kedua sebanyak 17.720 orang.

Sementara untuk pelayan publik yang telah divaksin dosis pertama sebanyak 171.450 orang, dan dosis kedua sebanyak 69.731 orang. Kemudian untuk lansia, pemberian vaksin dosis pertama sebanyak 70.238 orang dan dosis kedua sebanyak 46.010 orang.

Pemkab Sleman juga telah melakukan vaksinasi untuk kalangan masyarakat umum dan usia remaja. Untuk masyarakat umum capaian vaksin dosis pertama mencapai 32.346 otang dan dosis kedua 4.802 orang.

Sementara, untuk kalangan usia remaja 12-18 tahun yang baru saja digelar mendapatkan hasil yang sangat menggembirakan. Untuk dosis pertama sudah diberikan 2.874 orang.

 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya