Pemesanan Tiket Bus Meningkat, Paling Banyak Jurusan Jakarta - Jogja 

Peningkatan pembelian tiket hingga tiga kali lipat 

Yogyakarta, IDN Times - Pemesanan tiket untuk mudik di agen bus di Kota Yogyakarta mulai mengalami kenaikan, bahkan tak jarang calon penumpang langsung memesan tiket pulang pergi Lebaran.

Pemesanan tiket mudik paling banyak berasal dari Jakarta dengan tujuan Yogyakarta dan berbagai kota di Jawa Tengah bagian selatan serta Solo dan sekitarnya.

1. Tiket paling banyak dipesan untuk keberangkatan akhir April

Pemesanan Tiket Bus Meningkat, Paling Banyak Jurusan Jakarta - Jogja Ilustrasi Pariwisata (IDN Times/Arief Rahmat)

Pemesanan tiket arus mudik paling banyak adalah untuk keberangkatan pada 29-30 April, sedangkan tiket untuk arus balik paling banyak dipesan untuk 6-8 Mei.

“Mulai hari ini terjadi peningkatan pesanan untuk tiket mudik sekaligus balik padahal beberapa hari sebelumnya belum ada karena masyarakat masih merasa ragu-ragu dengan berbagai aturan yang diberlakukan,” kata Pengelola Agen Bus Nol KM Yogyakarta Pramudya, Rabu (13/4/2022). 

Baca Juga: Pedagang Pasar Beringharjo Tambah Stok, Daster Bu Tejo Jadi Andalan 

2. Perjalanan paling banyak dari Jakarta menuju Yogyakarta

Pemesanan Tiket Bus Meningkat, Paling Banyak Jurusan Jakarta - Jogja Ilustrasi bus (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Menurut Pramudya, pesanan yang diterima hingga saat ini sudah dua kali lipat dari jumlah trip reguler perjalanan bus dari Jakarta-Yogyakarta dan sebaliknya.

“Untuk jadwal reguler, biasanya kami memberangkatkan tiga bus. Sekarang sudah dua kali lipat dari jadwal perjalanan reguler,” ujar Pram dilansir Antara. 

Apabila pesanan tiket terus meningkat, maka agen akan menambah armada untuk memenuhi permintaan masyarakat. “Saat puncak arus mudik atau balik, mungkin pesanan bisa tiga kali lipat dibanding reguler,” katanya.

 

3. Agen terpaksa naikkan harga tiket bus untuk menutup biaya operasional

Pemesanan Tiket Bus Meningkat, Paling Banyak Jurusan Jakarta - Jogja Terminal Giwangan Yogyakarta (IDN Times/Nindias Khalika)

Saat ini tarif tiket bus bus naik sekitar Rp100 ribu, hal ini terpaksa dilakukan untuk menutup biaya operasional angkutan. 

“Kenaikan harga tiket ini murni dilakukan untuk menutup biaya operasional. Saat arus mudik, bus yang diberangkatkan ke Jakarta dalam keadaan kosong. Begitu pula nanti saat arus balik. Bus dari Jakarta ke Yogyakarta pasti kosong sehingga kenaikan tarif ini murni untuk menutup biaya operasional,” katanya.

Ia menyebut, harga tiket untuk mudik dan balik cukup bervariasi tergantung dari tanggal keberangkatan, kapasitas, dan fasilitas di dalam bus. Harga tiket antara Rp125 ribu hingga Rp450 ribu.

Agen bus juga memberlakukan pembelian tiket dengan 100 persen kapasitas. “Tidak ada pembatasan kapasitas. Tiket dijual untuk kapasitas penuh,” katanya.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Tempat Penitipan Hewan, Biar Mudik Tenang!

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya