Pemerintah Inggris Sebut Tayangan The Crown Pemalsuan Sejarah 

Hingga saat ini Netflix belum bersuara tentang keberatan ini

Keberatan Pemerintah Inggris dengan tayangan The Crown terus berlanjut. Kali ini Menteri Budaya Oliver Dowden mengatakan Netflix seharusnya menjelaskan kepada 195 juta pelanggannya bahwa drama kerajaan itu adalah karya fiksi. Dowden memberikan tekanan pada Netflix tayangan tersebut adalah "pemalsuan bersejarah". 

1. Menteri Budaya Inggris beranggapan The Crown adalah karya fiksi

Pemerintah Inggris Sebut Tayangan The Crown Pemalsuan Sejarah Serial The Crown. Instagram.com/netflixid

Berbicara kepada The Mail, Dowden berkata, "Ini adalah karya fiksi yang diproduksi dengan indah, sehingga seperti produksi TV lainnya, Netflix harusnya sangat jelas (kalau ini karya fiksi) sejak awal, hanya itu saja."

Dirinya berencana mengirim surat ke Netflix pada minggu "Tanpa ini, saya khawatir generasi pemirsa yang tidak mengalami peristiwa ini mungkin salah mengira fiksi sebagai fakta. 

 

Baca Juga: Istana Inggris Naik Pitam Kisah Keluarga Kerajaan Diangkat ke Netflix

2. Saat ini The Crown masuk musim empat

Pemerintah Inggris Sebut Tayangan The Crown Pemalsuan Sejarah Ilustrasi Netflix (IDN Times/Lia Hutasoit)

Downer mengkhawatirkan banyaknya drama faktual akan menambahkan penyangkalan tentang lisensi kreatif yang diambil dan diadaptasi dari peristiwa bersejarah. Saat ini "The Crown" yang ditulis oleh Peter Morgan dan diproduksi oleh Left Bank Pictures masuk musim keempat menayangkan adegan tentang bulimia yang dilakukan oleh Putri Diana.

3. Saudara laki-laki Putri Diana, khawatir prihatin tentang serial tersebut

Pemerintah Inggris Sebut Tayangan The Crown Pemalsuan Sejarah Serial The Crown. Instagram.com/netflixid

Dikutip dari Antara pada Senin (30/11/2020) tak hanya dari pemerintah Inggris yang keberatan dengan kejanggalan alur cerita The Crown, hal yang sama disampaikan saudara laki-laki Putri Diana, Charles Spencer. Spencer termasuk di antara yang menyuarakan keprihatinan tentang serial tersebut. 

"Orang Amerika mengatakan kepada saya bahwa mereka telah menonton 'The Crown', seolah-olah mereka telah mengambil pelajaran sejarah. Tidak, mereka belum melakukannya," kata Spencer.

"Ini sangat sulit, ada banyak dugaan dan banyak penemuan, bukan? Anda dapat menggantungkannya pada fakta tetapi potongan di antaranya bukanlah fakta," tambah Spencer.

Baca Juga: 10 Lokasi Syuting The Crown yang Paling Megah dan Mewah di Inggris

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya