Comscore Tracker

Pemda DIY Usulkan 40 Tempat Wisata Outdoor Ikut Uji Coba Pembukaan    

Syaratnya harus kantongi Sertifikat CHSE

Kota Yogyakarta, IDN Times - Sebanyak 40 tempat wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diusulkan untuk mengikuti uji coba pembukaan wisata selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3.

Tempat wisata yang diusulkan menjadi tempat uji coba, menurut Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji harus memiliki konsep wisata terbuka atau outdoor

"Kami mengusulkan beberapa destinasi wisata, agak banyak kisaran 40-an (destinasi wisata)," kata Aji di Kompleks Kepatihan, Kamis (9/9/2021). 

 

 

 

Baca Juga: Taman Pintar Jadi Wisata Uji Coba, Anak Belum Vaksin Dilarang Masuk 

1. Syarat tempat wisata yang akan dipilih

Pemda DIY Usulkan 40 Tempat Wisata Outdoor Ikut Uji Coba Pembukaan    Sekda DIY, Baskara Aji dalam Bincang Pendidikan PPDB. (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Selain mengusung konsep outdoor, uji coba akan diprioritaskan bagi objek wisata yang telah mengantongi sertifikasi Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability (CHSE).

"CHSE jadi satu persyaratan penting karena kalau belum CHSE kan berarti perlu ada perbaikan-perbaikan sarana prasarana. Kemudian sudah vaksin atau belum pegawainya,” tambah Aji.

Baca Juga: Kantongi Izin, Candi Ratu Boko Segera Diuji Coba Pembukaan

2. SK uji coba tempat wisata belum turun

Pemda DIY Usulkan 40 Tempat Wisata Outdoor Ikut Uji Coba Pembukaan    Bangunan diobjek wisata Watu Lumbung Bantul yang tak terawat hingga banyak yang rusak.(IDN Times/Daruwaskita)

Dari seluruh destinasi wisata yang telah diusulkan ke pemerintah pusat, hingga kini belum ada satu pun yang mendapatkan Surat Keputusan (SK) untuk bisa melaksanakan uji coba operasional.

Aji mengakui sebelumnya ada tiga destinasi wisata di DIY yang informasinya bakal mendapatkan SK dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) . Namun demikian, hingga kini ia juga belum mengetahui secara pasti tiga destinasi wisata itu. "Tiga itu juga belum keluar SK-nya," katita Baskara Aji.

Baca Juga: Dispar Bantul Pertanyakan Uji Coba  Wisata Pilihan Kemenparekraf 

3. 3 destinasi wisata di DIY dipilih oleh Kemenparekraf

Pemda DIY Usulkan 40 Tempat Wisata Outdoor Ikut Uji Coba Pembukaan    tamanpintar.co.id

Sementara itu informasi tiga destinasi wisata di DIY yang rencananya akan mendapatkan izin uji coba dari Kemenparekraf telah disampaikan oleh Bupati Sleman, Wakil Walikota Yogyakarta, dan Dinas Pariwisata Bantul 

Rencananya tempat wisata di Sleman akan diwakili oleh Candi Boko, Kota Yogyakarta adalah Taman Pintar dan Watu Lumbung di Kabupaten Bantul. 

    

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya