Pastikan Program Vaksinasi, Luhut Berdialog dengan PKL Malioboro

Luhut besok Jumat (6/8/2021) tinjau Selter Tegalrejo

Kota Yogyakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan bersama Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah untuk memantau pelaksanaan penanganan COVID-19, Kamis (5/8/2021).

Saat di Jogja, Luhut mengunjungi Stasiun Tugu dan meninjau kawasan Malioboro. Di Stasiun Tugu, Luhut bertemu dengan kepala stasiun untuk bertanya situasi serta kondisi beberapa minggu belakangan ini, serta jumlah penumpang kereta.

1. Luhut berdialog dengan pedagang dan warga di Malioboro

Pastikan Program Vaksinasi, Luhut Berdialog dengan PKL MalioboroLuhut Berdialog dengan PKL Malioboro / Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Seusai meninjau Stasiun Tugu, Luhut dan rombongan kemudian meninjau kawasan Malioboro. Di pusat ekonomi Kota Yogyakarta itu, Luhut sempat berdialog dengan pedagang kaki lima (PKL) dan warga yang berada di sana.

Para pedagang yang berada di Malioboro mengaku telah divaksinasi. Luhut mengingatkan juga kepada warga yang berada di Malioboro untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, dengan memakai masker dan selalu menjaga jarak.

“Saat ini saya minta semua sabar, kita cari jalan bersama dan ekonomi juga bisa pulih kembali. Saya pesankan untuk semuanya yang penting sekarang sehat,” kata Luhut kepada warga dan pedagang yang Ia temui di Malioboro.

Baca Juga: Bupati Sleman Usul Kartu Vaksin sebagai Syarat Perjalanan Wisata   

2. Masyarakat diminta disiplin prokes

Pastikan Program Vaksinasi, Luhut Berdialog dengan PKL MalioboroLuhut Berdialog dengan PKL Malioboro / Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Luhut mengatakan penularan Virus Corona bisa segera terkendali dengan sejumlah syarat. Masyarakat diminta untuk disiplin, menaati 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak), serta aktif melakukan 3T (testing, tracing, dan treatment), dan melakukan vaksinasi maka

“Saya rasa kalau kita bisa kelola ini dengan baik, maka sebagai bangsa Indonesia, kita pasti bisa mengendalikan pandemik COVID-19,” ujar Luhut.

3. Luhut tinjau pusat vaksinasi di Solo

Pastikan Program Vaksinasi, Luhut Berdialog dengan PKL MalioboroLuhut Berdialog dengan PKL Malioboro / Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Dalam kunjungan ke Jawa Tengah, Luhut dan rombongan mengelilingi tempat Isolasi Terpusat (Isoter) serta Sentra Vaksinasi di 3 Wilayah Aglomerasi Solo Raya yaitu Boyolali, Surakarta, Sragen, dan Klaten didampingi oleh Walikota serta Bupati tiap wilayah.

“Target vaksinasi kami bersama Menkes untuk Solo Raya pada akhir bulan ini dapat mencapai sebanyak-banyaknya masyarakat. Kami akan terus mendorong pasokan vaksin ke wilayah-wilayah yang membutuhkan,” ujar Luhut.

Selain itu, Luhut dan Menkes mengunjungi Asrama Haji Donohudan yang saat ini dijadikan tempat Isolasi Terpusat, RS Darurat, dan juga melayani vaksinasi bagi masyarakat sekitar.

Luhut dan Menkes juga berkunjung ke Pasar Klewer untuk berdialog bersama pedagang. Keduanya mengingatkan agar pedagang untuk terus taat dengan protokol kesehatan, tetap memakai masker, menjaga jarak, serta segera melakukan vaksinasi.

“Dengan disiplin masyarakat yang baik, harapannya ke depan sudah bisa terjadi pelonggaran pelan-pelan agar para pedagang bisa bergerak, tetapi tetap dengan protokol kesehatan yang ketat,” katanya.

Baca Juga: Uang Tinggal Rp9 Ribu, Sopir Taksi di Malioboro Bingung Bayar SPP  

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya