Nama Sri Sultan dan Zulhas Muncul dalam Penjaringan Capres DPW PAN DIY

PAN DIY siap songsong Pemilu 2024

Yogyakarta, IDN Times - Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amanat Nasional (PAN) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengusulkan sejumlah nama yang berpotensi sebagai calon presiden pada Pemilu 2024. Nama-nama itu muncul saat PAN DIY menggelar Rapat Kerja Wilayah II.

"Kami melakukan penjaringan dari masing-masing DPD di DIY dan muncul beberapa nama yang berpotensi diusulkan sebagai calon presiden," ujar Ketua DPW PAN DIY Suharwanta, Rabu (27/7/2022).

1. PAN dukung calon DPD dari penjaringan Muhammadiyah

Nama Sri Sultan dan Zulhas Muncul dalam Penjaringan Capres DPW PAN DIYSri Sultan Hamengku Buwono X. (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Suharwanta menambahkan selain mengusulkan sejumlah nama untuk calon presiden, seluruh anggota sepakat untuk mendukung calon yang akan maju sebagai Dewan Perwakilan Daerah berdasarkan hasil penjaringan Musyawarah Pimpinan Wilayah Khusus Muhammadiyah DIY.

“Komitmen ini mempertegas sikap DPW PAN DIY beberapa waktu lalu yang telah menyampaikan secara langsung dukungan tersebut saat silaturahmi ke pengurus Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY,” katanya.

Dikutip Antara, nama-nama yang muncul itu adalah Gubernur DIY, Sri Sultan HB X, Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nasir, Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri BUMN Eric Thohir, dan sejumlah nama lainnya.

2. PAN DIY siap ikuti tahapan Pemilu 2024

Nama Sri Sultan dan Zulhas Muncul dalam Penjaringan Capres DPW PAN DIYRapat Kerja Wilayah II DPW PAN DIY, Rabu (27/7/2022) / ANTARA

Menurut Suharwanto, dalam rapat kerja tersebut, DPW PAN DIY memastikan kesiapan partai untuk mengikuti seluruh tahapan verifikasi partai politik untuk Pemilu 2024 yang sudah mulai bergulir.

Berbagai persiapan yang dilakukan, di antaranya susunan pengurus dari tingkat DPW, DPD, hingga DPC PAN se-DIY dilengkapi dengan berkas lain, seperti surat keterangan domisili kantor, dan kartu tanda anggota. "Kami sudah menyiapkan saksi untuk Pemilu 2024 dan membuka pendaftaran bakal calon legislatif untuk kader atau dari tokoh masyarakat," katanya.

Baca Juga: Sayangkan Kericuhan Suporter, Sultan Minta Hentikan Kekerasan Fisik  

3. DPP PAN targetkan dua kursi DPR dari Dapil DIY

Nama Sri Sultan dan Zulhas Muncul dalam Penjaringan Capres DPW PAN DIYIlustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Rapat kerja tersebut juga dihadiri perwakilan dari DPP, yaitu Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi. Tak hanya itu, sejumlah simpatisan partai hingga tamu undangan dari pengurus DPD Golkar DIY dan DPW PPP DIY yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu.

Yoga Mauladi menegaskan PAN adalah partai modern, nasionalis, dan religius. "Partai harus mampu memperjuangkan aspirasi masyarakat dan memberi manfaat," katanya yang menargetkan dua kursi DPR RI untuk Pemilu 2024 dari Daerah Pemilihan DIY.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya