Mulai Besok Ada Parade Gamelan di Kulon Progo, Ini Jadwal dan Rutenya 

Diikuti 50 seniman dan seniwati karawitan di Kulon Progo

Kulon Progo, IDN Times - Parade Gamelan Nusantara 2022 akan digelar hingga pelosok desa di Kabupaten Kulon Progo. Acara ini ujar Kepala Dinas Pariwisata Kulon Progo, Joko Mursito merupakan kegiatan murah dan meriah dengan memanfaatkan gamelan di desa-desa budaya dan rintisan desa budaya yang akan dibunyikan bersama - sama.

1. Diikuti 50 seniman dan seniwati karawitan di Kulon Progo

Mulai Besok Ada Parade Gamelan di Kulon Progo, Ini Jadwal dan Rutenya Ilustrasi bermain gamelan. (pexels-maxime-levrel)

Parade ini akan diikuti sedikitnya 50 seniman dan seniwati karawitan di Kulon Progo yang akan berkeliling ke sejumlah titik desa untuk menghibur masyarakat dengan cara mementaskan kesenian gamelan dari atas truk gandeng.

"Parade Gamelan Nusantara 2022 ini bagian dari menggaungkan semangat keistimewaan sampai pelosok-pelosok desa. Kami meyakini ratusan gamelan yang diperbantukan dari dana keistimewaan kepada masyarakat sangat murah, sehingga kalau dibunyikan bersamaan akan menggaungkan keistimewaan DIY," katanya pada Kamis (25/8/2022). 

 

2. Parade dilakukan dua hari, mulai besok Jumat (26/8/2022)

Mulai Besok Ada Parade Gamelan di Kulon Progo, Ini Jadwal dan Rutenya IDN Times/Daruwaskita

Dalam Parade Gamelan Nusantara 2022 ini akan dibawakan Yogyakarta istimewa, judulnya Gending Cahyaning Istimewa. Gending ini menceritakan bagaimana Undang-Undang Keistimewaan membuat Yogyakarta lebih membahana setelah ditetapkan undang-undang ini.

"Untuk menggaungkan gending tersebut, maka diselenggarakan Parade Gamelan Nusantara atau Gamelan On The Road 2022.  Selama dua hari, mulai besok Jumat (26/8/2022) pagi, kami akan menggelar parade gamelan, diikuti 50 seniman dan seniwati, mereka turun ke jalan sambil mementaskan gamelan di pusat kegiatan masyarakat. Pada hari pertama menyasar wilayah Kulon Progo sisi selatan, dilanjutkan hari kedua di Kulon Progo sisi utara," kata Joko dikutip Antara. 

Baca Juga: 6 Daftar SMA Di Kulon Progo, Jadi Favorit Tahun Ajaran 2021/2022 

3. Ini rute parade gamelan

Mulai Besok Ada Parade Gamelan di Kulon Progo, Ini Jadwal dan Rutenya Ilustrasi gamelan. IDN Times/Daruwaskita

Adapun rute parade gamelan pada hari pertama dimulai dari Taman Budaya Kulon Progo (TBK) Kapanewon/Kecamatan Pengasih, menuju Alun-Alun Wates. Selanjutnya di Pasar Wates, dilanjutkan ke Nagung, Panjatan, Lendah kembali ke TBK. Pada hari kedua, mulai dari TBK menuju wilayah Temon, Wates lalu kembali ke Pengasih.

Joko menjelaskan parade gamelan ini merupakan bagian dari sosialisasi Festival Pacak Sepuran dan peringatan satu dasawarsa Undang-Undang Keistimewaan DIY yang diperingati pada 31 Agustus mendatang. Selain itu untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca Juga: 6 Upacara Adat di Kulon Progo yang Wajib Diketahui! 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya