Minimalkan Anak Sekolah Naik Motor, Huda Tri Usul Trans Jogja Gratis

Kendaraan umum kurangi terjadinya kejahatan di jalanan

Yogyakarta, IDN Times - Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana mengusulkan Trans Jogja digratiskan bagi pelajar. Menurut Huda usulan ini salah satunya didasarkan semakin banyak pelajar yang mengendarai sepeda motor menuju ke sekolah. 

1. Meminimalkan anak menggunakan sepeda motor ke sekolah

Minimalkan Anak Sekolah Naik Motor, Huda Tri Usul Trans Jogja GratisWakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana / www.dprd-diy.go.id

Menggratiskan kendaraan umum bagi pelajar, selain penting bagi keselamatan juga mengurangi anak yang masih di bawah umur yang tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) untuk menggunakan sepeda motor.

“Menggratiskan Trans Jogja buat pelajar juga insentif agar banyak pelajar pakai transport umum. Mengurangi anak sekolah pake motor sendiri. Banyak anak sekolah pakai motor sendiri meskipun masih di bawah umur, belum punya SIM,” terang Huda, Selasa (12/4/2022). 

2. Mengurangi terjadinya kejahatan di jalanan

Minimalkan Anak Sekolah Naik Motor, Huda Tri Usul Trans Jogja GratisGoogle Image

Huda memaparkan penggunaan bus Trans Jogja bagi pelajar dipastikan akan meminimalkan kemacetan jalanan yang terjadi pada dan siang hari. Langkah ini bisa mengurangi aksi kejahatan jalanan yang akhir-akhir ini marak. Tiap sekolah juga diharapkan ikut andil dengan memberikan insentif kepada pelajar yang menggunakan transportasi umum.

“Penggunaan transportasi umum sangat penting untuk mengurangi kemacetan dan untuk penghematan. Hal ini penting dilatih untuk para pelajar. Menggunakan transportasi umum juga melatih toleransi dan kesabaran,” ungkap Huda.

 

Baca Juga: Hore, Mulai Besok Murid di Gunungkidul Gratis Naik Bus Sekolah  

3. Bekerja sama dengan influencer untuk menarik perhartian

Minimalkan Anak Sekolah Naik Motor, Huda Tri Usul Trans Jogja GratisBus Trans Jogja sedang berhenti di parkir Bandara Adi Sucipto. Instagram/trans.jogja

Huda menambahkan dalam penerapannya dibutuhkan iklan yang masif, kerja sama dengan influencer tentang keuntungan naik Trans Jogja atau teman bus. 

“Saya kira hal ini akan efektif kurangi masalah kejahatan jalanan yang selama ini ada. Saya sendiri menaiki bus trans dan teman bus ini cukup nyaman dan waktu juga tidak terlalu panjang,” ungkapnya.

“Dari sisi APBD tidak seberapa, tapi dari sisi pembelajaran dan pendidikan ini sangat berarti,” pungkas Huda. 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya