Minggu Ini 10 Sekolah di Kota Yogyakarta Mulai Uji Coba Tatap Muka  

Siswa akan masuk 3 kali dalam sepekan

Kota Yogyakarta, IDN Times - Mulai pekan ini sebanyak 10 sekolah di Kota Yogyakarta akan melakukan kegiatan uji coba belajar tatap muka. Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan pada tahap awal uji coba diselenggarakan bersamaan dengan pelaksanaan ujian akhir sekolah untuk jenjang SD dan SMP yang dilakukan pekan ini hingga 7 Mei.

"Akan ada 10 sekolah yang mengikuti kegiatan uji coba sekolah tatap muka, dimulai pekan ini dan nanti usai Lebaran," kata Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi pada Senin (26/4/2021). 

 

1. Inilah daftar sekolah yang akan lakukan tatap muka

Minggu Ini 10 Sekolah di Kota Yogyakarta Mulai Uji Coba Tatap Muka  Uji coba pembelajaran tatap muka di SMP 5 Semarang. (dok. SMP 5 Semarang)

Sebanyak 10 sekolah yang dilibatkan dalam kegiatan uji coba berdasarkan hasil verifikasi, adalah SD Margoyasan, SD Muhammadiyah Karangkajen, SD Lempuyangwangi, SD Tegalrejo 1, dan SD Serayu, serta SMP Negeri 1, SMP Negeri 7, SMP Negeri 8, SMP Negeri 9, dan SMP Negeri 15.

Pada tahap pertama untuk kegiatan belajar dimulai pada 29 April hingga 7 Mei 2021,  kegiatan uji coba untuk SMP diikuti siswa kelas 7 dan 8. Sedangkan untuk SD diikuti siswa kelas 4 dan 5. Seluruh siswa diminta membawa kelengkapan protokol kesehatan, seperti memakai masker dan handsanitizer pribadi.

Baca Juga: Tegas, Pemda DIY Tak Berikan Dispensasi Mudik bagi Santri

2. Siswa akan masuk 3 kali dalam sepekan

Minggu Ini 10 Sekolah di Kota Yogyakarta Mulai Uji Coba Tatap Muka  Ilustrasi pemberlakuan Sekolah Tatap Muka (IDN Times/Andri NH)

Seluruh sekolah di Kota Yogyakarta, ujar Heroe siap melaksanakan kegiatan pembelajaran tatap muka karena seluruh sekolah sudah menjalani verifikasi untuk memastikan kesiapan sarana dan prasana protokol kesehatan. Verifikasi terhadap kesiapan sekolah dilakukan tiga kali, yaitu pada Januari, Maret dan April.

Siswa akan masuk tiga kali dalam satu pekan, dibagi berdasarkan nomor ganjil dan genap. Satu kelas maksimal diisi 12 anak dan siswa tidak dibagi dalam shift karena pergantian shift dinilai rentan terjadi kerumunan.

Mata pelajaran yang diajarkan selama masa  uji coba adalah Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, agama, dan budi pekerti. Pembelajaran dilakukan maksimal 120 menit per hari.

"Sebenarnya banyak yang mengajukan diri untuk melakukan uji coba sekolah tatap muka. Namun kami baru melakukannya di 10 SD dan SMP tersebut," kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta Budhi Asror seperti dilansir Antara

3. Uji coba akan dilakukan dalam 2 tahap

Minggu Ini 10 Sekolah di Kota Yogyakarta Mulai Uji Coba Tatap Muka  Ilustrasi sekolah tatap muka (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)

Pelaksanaan uji coba sekolah tatap muka untuk jenjang SD dan SMP di Kota Yogyakarta akan dilakukan dua tahap, yaitu pada akhir April dan tahap dua akan dilaksanakan usai Lebaran.

Sementara itu, uji coba tahap dua akan dilakukan pada 20 Mei hingga 17 Juni. Dalam kegiatan tersebut akan diikuti seluruh siswa kelas 1-6 SD dan kelas 7-9 SMP.

Selama uji coba sekolah tatap muka, Budhi memastikan pembelajaran secara daring tetap dilakukan. "Izin dan persetujuan orang tua pun menjadi salah satu syarat dalam kegiatan tersebut," katanya

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya