Merapi Muntahkan Awan Panas Guguran, 2 Desa di Boyolali Hujan Abu  

Pada Selasa (7/2/2023), terjadi awan panas guguran 1,8 km

Sleman, IDN Times -  Gunung Merapi meluncurkan awan panas guguran dengan jarak luncur sejauh 1.500 meter atau 1,5 kilometer ke arah Kali Boyong, hari ini, Rabu (8/2/2023). 

1. Aktivitas awan panas guguran terjadi pagi hari

Merapi Muntahkan Awan Panas Guguran, 2 Desa di Boyolali Hujan Abu  Kepala Seksi Gunung Merapi BPPTKG Agus Budi Santoso. Youtube.com/BPPTKG CHANNEL

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Agus Budi Santoso mengatakan awan panas guguran terjadi pada pagi hari pukul 07.10 WIB.  

"(Awan panas) tercatat di seismogram dengan amplitudo 52 mm dan durasi 130 detik," ujar Budi, Rabu (8/2/2023). 

 

2. Hujan abu terjadi di 2 desa di wilayah Boyolali

Merapi Muntahkan Awan Panas Guguran, 2 Desa di Boyolali Hujan Abu  Ilustrasi hujan abu.(IDN Times/Irma Yudistirani)

Berdasarkan pantauan BPPTKG, Agus menyebutkan awan panas guguran terjadi hujan abu di wilayah Desa Sangup, Kecamatan Musuk dan Desa Mriyan, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Selama periode pengamatan pada Selasa (7/2/2023) pukul 00.00-24.00 WIB, BPPTKG mencatat sebanayak empat kali guguran lava keluar dari Gunung Merapi dengan jarak luncur maksimal 1.800 meter ke arah Barat Daya.

Baca Juga: 6 Tempat Wisata Lereng Merapi di Magelang, Ada yang Gratis

3. Gunung Merapi tetap berstatus siaga

Merapi Muntahkan Awan Panas Guguran, 2 Desa di Boyolali Hujan Abu  ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Hingga saat ini, BPPTKG tetap mempertahankan status Gunung Merapi di Level III atau siaga. Agus mengingatkan guguran lava dan awan panas dari Gunung Merapi bisa berdampak ke sektor selatan-barat daya yang meliputi Sungai Boyong hingga maksimal lima kilometer serta Sungai Bedog, Krasak, Bebeng sejauh maksimal tujuh kilometer.

"Selain itu, guguran lava dan awan panas dari Gunung Merapi bisa berdampak ke area di sektor tenggara yang meliputi Sungai Woro sejauh maksimal tiga kilometer dan Sungai Gendol lima kilo," ujar Agus
 

Baca Juga: 11 Destinasi Wisata Hits di Kaliurang, Puas Memandang Gunung Merapi 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya