Marak Aksi Beli Masker, Sultan: Kalau Sehat Tidak Usah Pakai 

Aksi beli masker akan merusak harga

Kota Yogyakarta, IDN Times- Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X, mengimbau agar masyarakat tidak panik menghadapi virus Covid-19. Bahkan menurut Sultan, jika tubuh dalam keadaan sehat, maka tidak perlu menggunakan masker. 

"Saya harap tidak sampai di situ. Kalau kita sehat tidak pakai masker gak apa-apa, kok," kata Sultan di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Selasa (3/3). 

 

 

 

Baca Juga: Corona Masuk Indonesia, Jumlah Ketersediaan Masker di Sleman Terbatas

1. Masker digunakan jika tubuh sedang sakit

Marak Aksi Beli Masker, Sultan: Kalau Sehat Tidak Usah Pakai Ilustrasi masker. IDN Times/Asrhawi Muin

Menurut Sultan, penggunaan masker hanya diperlukan apabila tubuh sedang sakit, atau memiliki tanda-tanda menderita penyakit seperti flu.

"Jadi bukan masalah sehat dan supaya tidak kena corona terus memakai masker, bukan itu," kata Sultan dikutip dari Antara.

2. Jangan lakukan aksi beli masker

Marak Aksi Beli Masker, Sultan: Kalau Sehat Tidak Usah Pakai Persediaan masker di salah satu toko obat di Kota Banda Aceh (IDN Times/Saifullah)

Hal yang sama disampaikan Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji. ia juga meminta masyarakat tidak melakukan aksi borong masker. 

“Selain merusak harga, hal itu juga dapat membuat pihak yang seharusnya lebih membutuhkan menjadi kesulitan mendapatkan masker.Jadi jangan borong karena itu akan merusak harga," kata Aji.

3. Was-was dan stres hadapi Covid-19, justru akan mempengaruhi kesehatan

Marak Aksi Beli Masker, Sultan: Kalau Sehat Tidak Usah Pakai (IDN Times/Sukma Shakti)

Pakar Biologi Virus dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Profesor Budi Setiadi sebelumnya mengatakan, panik dan was-was terhadap kasus Covid-19 akan membuat masyarakat justru mengalami stres.

Apabila terkena stres, maka kondisi psikologi akan terganggu. Hal ini dapat mempengaruhi kesehatan dan justru menyebabkan daya tahan tubuh lemah.

Untuk menghindari penularan virus, masyarakat hanya perlu menjaga pola hidup bersih dan sehat, serta menghindari berada dalam keramaian yang dapat memicu terjadinya kontak fisik.

Baca Juga: Sardjito: Tidak Ada Pasien Positif Covid-19 yang Dirawat  

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya