Mahasiswa UGM Ciptakan Gim Interaktif Budaya Indonesia

Ajak anak jelajahi kebudayaan Indonesia

Sleman, IDN Times - Gim interaktif berhasil diciptakan oleh sejumlah mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM). Permainan interaktif untuk memperkenalkan dan melestarikan budaya Indonesia itu dinamakan “Nura Smart Card: Kartu Putar Pintar Jelajah Nusantara”. 

Mahasiswa UGM yang berhasil membuat gim tersebut adalah mereka yang tergabung dalam salah satu tim Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang kewirausahaan yang berhasil meraih pendanaan untuk tahun 2021 ini. Mereka terdiri dari Roihatul Jannah dari Sekolah Vokasi (SV), Vira Mahdiya Zahra dari Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Muhammad Haris Yulianto dari Fakultas Teknologi Pertanian (FTP), serta Haris Nur Rahmawati dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB). 

“Ide pembuatan kartu putar pintar jelajah Nusantara ini bermula karena perkembangan arus globalisasi yang semakin pesat dan mengakibatkan (semakin) tergerusnya minat literasi generasi muda terutama mengenai hal kebudayaan, kemudian belum banyak buku bacaan atau media literasi lain yang menarik dalam membahas mengenai kebudayaan Indonesia,” ujar Muhammad Haris Yulianto, salah satu anggota tim pada Senin (9/8/2021). 

 

 

1. Pemain akan menemukan informasi seputar budaya Indonesia

Mahasiswa UGM Ciptakan Gim Interaktif Budaya IndonesiaIlustrasi permainan anak. (unsplash.com/Jerry Wang)

Haris Yulianto menjelaskan seperti namanya, kartu putar Nura Smart Card berbentuk seperti spin game. Mereka yang memainkannya permainan ini bisa menemukan berbagai macam informasi seputar budaya-budaya yang ada di Indonesia dengan hanya memulai memutar kartu Nura Smart Card tersebut.

“Informasi akan otomatis muncul setelah kartu berhenti berputar dan tanda panah menunjuk kepada salah satu provinsi di Indonesia. Terdapat informasi dan pengetahuan seputar kebudayaan di 34 provinsi di Indonesia, mulai dari rumah adat, tarian tradisional, pakaian adat, serta senjata tradisional,” kata Haris Yulianto.  

Menurut Haris Yuliant, kartu tersebut didesain berwarna dan dikonsep dapat berfungsi di kedua sisinya, depan dan belakang. “Informasi seputar budaya di 34 provinsi di Indonesia terbagi kepada dua sisi tersebut, 17 provinsi di bagian depan dan 17 provinsi di bagian belakang,” ujarnya. 

 

Baca Juga: Sistem Deteksi Kerumunan Besutan Mahasiswa UGM, Cegah COVID Menyebar

2. Permainan sudah dipasarkan melalui media sosial

Mahasiswa UGM Ciptakan Gim Interaktif Budaya IndonesiaNura Smart Card, besutan mahasiswa UGM/ Website UGM

Haris Yulianto menambahkan kartu putar Nura Smart Card ini kemudian juga disertai dua buah barcode. Barcode pertama, mengarahkan pemain untuk dapat mengakses e-book yang berisi kumpulan informasi mendalam seputar kebudayaan di Indonesia. “Barcode kedua akan mengarahkan pemain untuk mengakses kuis interaktif dan gim lainnya ketika di scan menggunakan gawai (smartpone),” ujarnya.. 

Produksi Nura Smart Card ini melibatkan salah satu percetakan yang ada di Yogyakarta. Saat ini, Nura Smart Card juga telah dipasarkan secara online, baik melalui media sosial seperti Instagram, Whatsapp, serta facebook, dan melalui lokapasar seperti Shopee.  

3. Nura Smart Card bisa menjadi media bermain sambil belajar

Mahasiswa UGM Ciptakan Gim Interaktif Budaya Indonesiagurupendidikan.co.id

Sementara itu, Dosen Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UGM, Aprilia Firmonasari, menjelaskan Nura Smart Card bisa menjadi media bermain sambil belajar anak-anak. Apalagi di masa pandemik Covid-19 ini, anak-anak hanya beraktivitas di rumah, sehingga diperlukan media untuk memecah kebosanan mereka ketika belajar dari rumah. 

“Kartu putar pintar sangat istimewa karena di dalamnya terdapat pengetahuan mengenai budaya yang ada di 34 provinsi di Indonesia sehingga anak-anak dapat bermain dan belajar.” ujar Aprilia. 

 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya