Comscore Tracker

Libur Sekolah Tiba, Pemda DIY Ingatkan Wisatawan Patuhi Prokes   

Pemda DIY ingatkan potensi penularan sub varian Omicron

Yogyakarta, IDN Times - Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta mmeinta wisatawan untuk mewaspadai potensi penularan subvarian Omicron BA. 4 dan BA. 5. Kepala Dispar DIY Singgih Raharjo mengatakan saat ini sudah banyak kelompok atau grup wisata yang datang ke Yogyakarta saat liburan sekolah. Ia berharap pengelola, dan wisatawan tetap menggunakan masker dan melakukan prokes dengan baik.  

"Kami harus tetap mengimbau terus kewaspadaan itu karena ada BA. 4 dan BA. 5," kata Singgih Raharjo , Jumat (24/6/2022). 

 

1. Berharap wisatawan hingga pengelola wisata dan hotel lakukan prokes dengan baik

Libur Sekolah Tiba, Pemda DIY Ingatkan Wisatawan Patuhi Prokes   Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Rahardjo. (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Singgih mengatakan pencegahan harus dilakukan bersama-sama baik oleh wisatawan maupun pengelola destinasi wisata agar penularan subvarian Omicron itu tidak merambah wilayah DIY.

Ia berharap wisatawan, pengelola wisata, maupun masyarakat umum dapat menjaga momentum aktivitas pariwisata yang kini sudah mulai menggeliat.

"Sekarang ini kan sudah mulai masuk libur sekolah, grup-grup sekolah sudah mulai masuk meramaikan destinasi wisata yang basisnya memang untuk massal," ucap Singgih dikutip Antara. 

Sedangkan, bagi pengelola destinasi wisata, ia meminta sarana dan prasarana untuk mendukung penerapan prokes tetap disediakan, toilet harus bersih, makanan atau kuliner yang dijajakan juga dipastikan higienis.

Selain mengaktifkan aplikasi PeduliLindungi, Singgih meminta pengunjung dapat menginstal aplikasi Visiting Jogja untuk reservasi pembelian tiket di sejumlah objek wisata sehingga tidak ada antrean di loket.

2. Imbau pengelola hotel tetap gunakan PeduliLindungi

Libur Sekolah Tiba, Pemda DIY Ingatkan Wisatawan Patuhi Prokes   Ilustrasi pandemik COVID-19. (ANTARA FOTO/M. Risyal Hidayat)

Sementara koordinator Penegakan Hukum Satgas COVID-19 DIY Noviar Rahmad berharap masyarakat dan wisatawan di DIY tetap menjaga kepatuhan menerapkan prokes saat ini masih terjadi penambahan kasus harian COVID-19.

"Kami harapkan kesadaran pengelola hotel, misalnya terkait penerapan PeduliLindungi. Kalau di ruangan tertutup seperti di hotel kan pengunjung harus pakai masker," ujar Noviar. 

Baca Juga: Pelanggaran Prokes di Malioboro Tinggi, Satpol PP Siap Beri Teguran   

3. Angka Covid di DIY bertambah 14 kasus

Libur Sekolah Tiba, Pemda DIY Ingatkan Wisatawan Patuhi Prokes   Ilustrasi COVID-19. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Hari ini penambahan kasus terkonfirmasi Covid-19 di DIY meningkat sebanyak 14 kasus, sehingga total kasus terkonfirmasi menjadi 220.898 kasus. Sedangkan penambahan kasus sembuh sebanyak 1 kasus. 

Distribusi kasus terkonfirmasi Covid-19 menurut domisili terbanyak berasal dari Kabupaten Sleman sebanyak 8 kasus, Kota Yogyakarta 4 kasus, dan 1 tambahan masing-masing dari Bantul dan Gunungkidul.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya