Comscore Tracker

Kasus Terus Membengkak, Sultan HB X: Jangan Anggap COVID-19 Selesai 

Dinkes minta bantuan relawan suarakan pencegahan COVID-19

Kota Yogyakarta, IDN Times - Peningkatan kasus COVID-19 di DI Yogyakarta dalam terus mengalami peningkatan. Hingga Jumat (4/12/2020) jumlah pasien positif mencapai mencapai 6.565 kasus. Bahkan pada Kamis (3/12/2020) mencapai rekor tertinggi yaitu 189 kasus. 

Jumlah kasus peningkatan dalam jumlah besar, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono  mendesak mengingatkan masyarakat tidak menganggap pandemi COVID-19 telah berlalu. 

"Jangan menganggap bahwa semuanya sudah selesai. Obatnya (COVID-19) tetap belum ada," kata Sultan HB X di Kompleks Kepatihan, Jumat (4/12/2020). 

1. Patuhi prokes beda dengan batasi ruang gerak warga

Kasus Terus Membengkak, Sultan HB X: Jangan Anggap COVID-19 Selesai Ilustrasi seorang pasien COVID-19. ANTARA FOTO/REUTERS/Marko Djurica


Dilansir dari Antara, Sultan berharap warganya tidak memandang sepele COVID-19 dan tetap menerapkan protokol kesehatan. Namun Sultan beranggapan hal ini berbeda dengan membatasi ruang gerak warga. 

Mendorong kesadaran menerapkan protokol kesehatan, kata Sultan, bukan berarti meminta masyarakat membatasi ruang gerak dengan hanya berdiam di rumah saja.

Baca Juga: UGM Bantah Fasilitas Isolasi Mandiri COVID-19 di Kampusnya Penuh

2. Ingatkan warga untuk perketat prokes

Kasus Terus Membengkak, Sultan HB X: Jangan Anggap COVID-19 Selesai ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

CMenanggapi masih tingginya penambahan kasus COVID di DIY, Sultan mengaku telah mengeluarkan keputusan agar penerapan protokol kesehatan kembali diperketat di wilayah tempat tinggal warga. Alasannya, penularan COVID-19 bukan hanya disebabkan orang yang bepergian, namun sudah berlangsung di lingkungan masyarakat.

"Dalam laporan, ini sudah di-tracing ternyata nomor (kasus) sekian bertemu nomor sekian. Berati kan antarlingkungan ini, bukan klaster dalam arti klaster seperti pengalaman yang lalu seperti di sekolah, tetapi sudah di kalangan warga masyarakat sendiri," kata Sultan.

3. Dinkes DI Yogyakarta minta bantuan relawan untuk menyuarakan pencegahan COVID

Kasus Terus Membengkak, Sultan HB X: Jangan Anggap COVID-19 Selesai Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembajun Setiyaningastutie. IDN Times/Tunggul Damarjati

Kepala Dinkes DIY Pembajun Setyaningastutie mengharapkan bantuan relawan non-tenaga kesehatan (nakes) untuk membantu mengedukasi dan mengingatkan masyarakat mengenai pencegahan penularan COVID-19.

"Seberapa besar kapasitas (layanan kesehatan) yang kami sediakan, kalau di hulu tidak dikelola pasti di hilir akan kewalahan. Tenaga kesehatan bisa tumbang karena kelelahan," kata dia.

Baca Juga: Tugas Berat di Pundak KPPS, Atur Alur Pemilih hingga Awasi Prokes     

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya