Jelang PSBB di DKI Jakarta Tak Ada Lonjakan Penumpang di Bandara YIA

Pemeriksaan penumpang di YIA tak ada perubahan

Kulon Progo, IDN Times -Rencana Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta mulai Senin (14/9/2020) belum berdampak pada kedatangan di Yogyakarta International Airport (YIA) pada Minggu (13/9/2020).

Manajemen Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) menyatakan tidak mencatat lonjakan penumpang menjelang penerapan PSBB di DKI Jakarta. "Tidak ada lonjakan. Justru hari Sabtu kemarin jumlahnya menurun," kata Airport Operation and Services Senior Manager PT Angkasa Pura I Nyoman Nur Rochim dikutip dari ANTARA pada Minggu (13/9/2020).

 

 

 

1. 4.000 penumpang datang dan berangkat dari YIA

Jelang PSBB di DKI Jakarta Tak Ada Lonjakan Penumpang di Bandara YIAKerumunan calon penumpang pesawat di Bandara YIA, Kulon Progo. IDN Times/Daruwaskita

Nyoman menambahkan jumlah penumpang yang datang dan berangkat di YIA pada Minggu (13/9) tercatat kurang lebih 4.000 orang. Jumlah itu masih tergolong normal setiap akhir pekan. "Hari ini ramai tetapi biasa, jumlahnya normal setiap weekend," kata dia.

Nyoman menambahkan kebijakan PSBB di DKI Jakarta sama sekali tidak mempengaruhi aktivitas di YIA. Selain jumlah penumpang yang wajar, aspek pemeriksaan kesehatan terhadap penumpang juga berlangsung sesuai standar.

Baca Juga: Jelang PSBB, Pemda DIY Perketat Pengawasan Pemudik dari Jakarta

2. Pemeriksaan kepada penumpang di YIA tidak ada perubahan

Jelang PSBB di DKI Jakarta Tak Ada Lonjakan Penumpang di Bandara YIAPresiden Joko Widodo didampingi Menteri BUMN, Erick Thohir dan Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan HB X memberikan sambutan saat meresmikan Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulonprogo, DI Yogyakarta, Jumat (28/8/2020). ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/wsj.

Menurut Nyoman, standar pemeriksaan terhadap penumpang masih sesuai protokol kesehatan yang ditetapkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Untuk para penumpang, kata Nyoman, sebelum check in, seperti biasa melalui pemeriksaan suhu tubuh. Selain itu juga akan dicek dokumentasi hasil rapid test maupun swab test.

"Tidak ada perubahan. Sebenarnya PSBB Jakarta ini biasa-biasa saja, tidak terlalu menghebohkan. Jadi sementara masih normal-normal saja," kata dia.

 

3. Tidak ada penambahan jumlah petugas

Jelang PSBB di DKI Jakarta Tak Ada Lonjakan Penumpang di Bandara YIATerminal Keberangkatan Domestik di Yogyakarta International Airport. IDNTimes/Holy Kartika

Petugas yang dilibatkan untuk pemeriksaan maupun pengawasan di YIA, kata Nyoman, juga tidak mengalami penambahan mulai dari petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Yogyakarta, hingga unsur TNI/Polri. "Gak ada penambahan penjagaan, sekarang jumlah personel masih cukup," kata dia.

Seperti diwartakan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali melanjutkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang berlaku selama dua pekan mulai Senin (14/9) menyusul peningkatan kasus COVID-19 dalam 12 hari terakhir yang mengkhawatirkan dan membahayakan.

Baca Juga: Seorang Pegawai Positif COVID-19, Layanan PN Sleman Ditutup Sementara

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya