Jangan Khawatir, Persediaan Sembako di Sleman Aman Hingga Akhir Tahun

Berkurangnya jumlah libur menjadi salah satu sebabnya

Sleman, IDN Times-  Pemkab Sleman menjamin ketersediaan pangan memadai hingga akhir tahun 2020.  Kepala Biro Perekonomian Setda DIY, Ni Made Dwipanti Indrayanti mengatakan dari hasil peninjauan terhadap sembako dengan prioritas minyak goreng akan cukup untuk perayaan natal dan libur tahun baru. 

 

1. Persediaan beras hingga minyak goreng aman

Jangan Khawatir, Persediaan Sembako di Sleman Aman Hingga Akhir TahunIlustrasi minyak goreng (IDN Times/Sunariyah)

Peninjauan ketersediaan pangan meliputi minyak goreng, beras, terigu, garam, dan susu. "Dari peninjauan ini, setelah dilihat dari ketersediaan sembako dari sisi kapasitasnya memadai sampai akhir tahun. Dan dari segi harga masih terjangkau masih bisa dibilang stabil," ujar Dwipanti seperti dilansir dari Antara, Selasa (15/12/2020). 

 

Baca Juga: Jelang Libur Akhir Tahun, Harga Sembako di Gunungkidul Naik

2. Peninjauan dilakukan 2 tempat

Jangan Khawatir, Persediaan Sembako di Sleman Aman Hingga Akhir TahunANTARA FOTO/Syifa Yulinnas

Peninjauan ketersediaan sembako tersebut dilakukan hari ini Selasa (15/12/2020) di dua lokasi yaitu PT Berhasil Sentosa Selalu yang di Kelurahan Balecatur, Kecamatan Gamping dan PT Lestari Berkah Sejati yang berada di wilayah Jalan Kabupaten, Sleman.

3. Kondisi pandemik COVID-19 menjadi penyebabnya

Jangan Khawatir, Persediaan Sembako di Sleman Aman Hingga Akhir TahunIlustrasi Kalender (IDN Times/Arief Rahmat)

Ketersediaan yang cukup pada dua distributor tersebut dipengaruhi dari konsumsi masyarakat yang tidak terlalu tinggi jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan kondisi pandemik COVID-19 serta pengurangan hari libur di akhir tahun.

"Walaupun menjelang Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, mungkin dari sisi konsumsinya tidak sama dengan tahun lalu. Dari konsumsi meningkatnya tidak terlalu tinggi mungkin mendekati lima persen," katanya.

 

Baca Juga: Perayaan Natal di Gereja, Jemaat Harus Pakai Masker dan Face Shield 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya