Hingga Hari Ini Belum Ada Lonjakan Pemudik di Bandara YIA

Petugas bandara siapkan GeNose untuk periksa penumpang

Kulon Progo, IDN Times - Pemerintah telah melarang mudik Lebaran pada 6-17 Mei mendatang. Sejumlah pihak khawatir sebelum tanggal larangan mudik, banyak warga akan mencuri start. Hanya saja kekhawatiran itu belum terbukti di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

 

1. Jumlah kedatangan dan keberangkatan penumpang masih normal

Hingga Hari Ini Belum Ada Lonjakan Pemudik di Bandara YIAIDN Times/Holy Kartika

Menurut Plt General Manager PT Angkasa Pura I Yogyakarta International Airport atau YIA, Agus Pandu Purnama, berdasarkan rencana penerbangan pada Rabu (21/4/2021), angka keberangkatan penumpang sebanyak 1.677 orang dan angka kedatangan berjumlah 1.572 orang.

"Angka kedatangan maupun keberangkatan di Bandara Internasional Yogyakarta masih masuk kategori rata-rata harian keberangkatan maupun kedatangan selama pandemi COVID-19. Artinya, belum ada pergerakan, masih landai," ujar Agus Pandu.

Baca Juga: Perantau di Sleman Diminta Tidak Mudik ke Kampung Halaman

2. Sebanyak 5 maskapai beroperasi di Bandara YIA

Hingga Hari Ini Belum Ada Lonjakan Pemudik di Bandara YIABandara Yogyakarta International Airport/ PT Angkasa Pura 1

Agus Pandu menambahkan penerbangan yang beroperasi di YIA, yakni Lion Air, Sriwijaya Air, Garuda Indonesia, Citilink, dan Batik Air.

"Maskapai setia melayani penumpang yang datang dan terbang dari Bandara Internasional Yogyakarta," ujar Agus Pandu.

3. GeNose disiapkan untuk pemeriksaan penumpang

Hingga Hari Ini Belum Ada Lonjakan Pemudik di Bandara YIAUji coba alat GeNose C19 di dua bandara (Dokumentasi PT Angkasa Pura II)

Dijelaskan Agus Pandu, Bandara Internasional Yogyakarta juga melayani rapid dengan GeNose. Sebanyak enam unit alat GeNose disiapkan untuk para penumpang. 

Petugas yang bertugas, kata Agus Pandu, berjumlah 16 orang. Pemeriksaan sendiri mulai dilakukan sejak 04.00 WIB pagi sampai dengan 19.00 WIB. "Harga GeNose belum ditetapkan oleh kantor pusat. Namun, berkisar Rp40 ribu hingga Rp50 ribu per sekali pemeriksaan. Selain GeNose, nantinya kami juga melayani swab test antigen. Bagi masyarakat yang menggunakan perjalanan udara bisa memilih menggunakan swab antigen atau GeNose," kata Agus Pandu.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya