Harga Naik 3 Kali Lipat, Cabai Rawit di Yogyakarta Tetap Diburu  

Pemkot Kota Yogyakarta pastikan stok cabai rawit aman 

Yogyakarta, IDN Times - Di musim hujan harga cabai rawit di Kota Yogyakarta mengalami kenaikan tajam hingga mencapai Rp75 ribu per kilogram. 

Ketua Paguyuban Ayem Tentrem Pasar Beringharjo Timur Ida Chabibah mengatakan harga saat ini sudah mengalami kenaikan hingga tiga kali lipat.

“Saat sedang murah, harga cabai rawit sekitar Rp25 ribu per kilogram. Namun perlahan naik menjadi Rp40 ribu per kilogram menjadi Rp50 ribu dan langsung naik jadi Rp75 ribu per kilogram,” katanya, Senin (13/12/2021). 

 

1. Harga naik, cabai rawit tetap diburu

Harga Naik 3 Kali Lipat, Cabai Rawit di Yogyakarta Tetap Diburu  Ilustrasi penjual sayur. (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Dilansir Antara, permintaan konsumen terhadap cabai rawit tidak mengalami penurunan, bahkan cenderung naik. “Mungkin cabai sudah menjadi bahan pokok karena masakan biasanya harus pedas. Jadi meskipun harga naik tetap dibeli,” katanya.

Saat ini kondisi cabai yang tersedia kondisi baik, padahal biasanya cepat busuk di musim hujan. “Biasanya musim hujan akan mempengaruhi kualitas cabai menjadi cepat busuk. Tetapi saat ini komoditas datang dalam kondisi baik dan segar,” katanya.

 

Baca Juga: 15 Kuliner Menggiurkan ini hanya Ada di Pasar Beringharjo, Lezat!

2. Beberapa harga sayur naik

Harga Naik 3 Kali Lipat, Cabai Rawit di Yogyakarta Tetap Diburu  IDN Times/Sunariyah

Tak hanya cabai yang mengalami kenaikan, hampir sebagian besar sayur mayur juga mengalaminya akibat musim hujan, seperti brokoli, wortel, ketimun, bunga kol, kacang panjang, dan buncis.

“Hampir 75 persen sayuran menjadi lebih mahal, kecuali untuk kol tidak naik,” ujar Ida.

 

3. Pemkot Kota Yogyakarta pastikan stok cabai rawit aman

Harga Naik 3 Kali Lipat, Cabai Rawit di Yogyakarta Tetap Diburu  Ilustrasi Cabai Rawit. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha

Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta Yunianto Dwi Sutono mengatakan kenaikan tersebut dipengaruhi oleh musim. Namun ia memastikan stok sayur dalam keadaan aman.  

“Saya kira, kenaikan harga sayuran dan cabai tetap terkendali karena saat ini musim hujan. Stok pun aman sehingga masyarakat tidak perlu khawatir,” katanya.

Berdasarkan pemantauan Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta, rata-rata harga cabai rawit di pasar tradisional adalah Rp60 ribu per kilogram, harga tertinggi tercatat di Pasar Prawirotaman mencapai Rp75 ribu.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya