Gunungkidul Bakal Bangun Pembuangan Sampah di Pantai Rp57 Miliar 

Volume sampah dari pantai yang masuk sebanyak 917 ton

Gunungkidul, IDN Times - Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gunungkidul, bakal membangun tempat pembuangan sampah terpadu di kawasan pantai untuk menangani sampah di objek wisata dan masyarakat sekitar.

Rencananya tempat pembuangan sampah terpadu (TPST) dibangun di Kalurahan/Desa Banjarejo dengan proyeksi anggaran sekitar Rp57 miliar.

1. TPST Banjarejo dibangun di atas lahan seluas 5 hektare

Gunungkidul Bakal Bangun Pembuangan Sampah di Pantai Rp57 Miliar IDN Times/Imam Rosidin

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gunungkidul Harry Sukmono menuturkan TPST Banjarejo dibangun di atas lahan seluas 5 hektare. Saat ini, tanah sudah dibebaskan.

"Rencana detail teknis (DED) TPST Banjarejo sudah selesai dibuat. Kebutuhan anggaran pembangunan TPST Rp57 miliar. Saat ini, kami berusaha mengajukan peluang dana ke pusat. Kami mengupayakan ke kementerian, namun belum ada jawaban," katanya dikutip Antara, Senin (27/2/2023). 

2. Volume sampah dari pantai sebanyak 917 ton

Gunungkidul Bakal Bangun Pembuangan Sampah di Pantai Rp57 Miliar IDN Times/Imam Rosidin

Harry mengatakan latar belakang pembangunan TPST Banjarejo terkait dengan penghematan pengangkutan. Sebab, satu-satunya tempat pembuangan akhir (TPA) sampah hanya ada di Wonosari.

Saat ini volume sampah yang masuk ke TPA Baleharjo, Wonosari cukup banyak. Dalam setahun, sampah masuk ke TPA Baleharjo sebanyak 16.706 ton. Sementara volume sampah dari pantai yang masuk sebanyak 917 ton.

Baca Juga: Sampah Jadi Ancaman Sektor Pariwisata dan Tangkapan Nelayan di Bantul

Baca Juga: Imbas Hujan Lebat, Sampah Kotori Pantai di Bantul

3. Berharap warga olah sampah

Gunungkidul Bakal Bangun Pembuangan Sampah di Pantai Rp57 Miliar Web Resmi Pemda Kabupaten Bantul

Pengelolaan sampah di objek wisata, DLH bakal melibatkan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) di sekitar kawasan destinasi agar berperan aktif dalam pengelolaan sampah secara mandiri dengan membentuk TPS3R atau bank sampah. "Dengan adanya TPS3R dan bank sampah tidak semua sampah masuk ke TPA," katanya.

Baca Juga: Urai Masalah Sampah, Sleman Siapkan 2 Hektare Lahan untuk Bangun TPA  

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya