GKR Hemas Pimpin Perolehan Suara DPD di Yogyakarta

Empat kali terpilih anggota DPD

Kota Yogyakarta, IDN Times - Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas memimpin perolehan suara Dewan Perwakilan Daerah (DPD) DI Yogyakarta. Hingga Jumat (19/4), Istri Sri Sutan Hamengku Buwono X itu sudah mengumpulkan 543.484 atau 51,59% dari total 1.306.035 surat suara DPD yang sah.

Baca Juga: Gunakan Hak Pilih, GKR Hemas Menemukan Surat Suara Miliknya Rusak

1. Gus Hilmy berada di peringkat kedua perolehan suara DPD dari DIY.

GKR Hemas Pimpin Perolehan Suara DPD di YogyakartaIDN Times/Nindias Khalika

Kepala Humas Timses GKR Hemas Fuska Evani Tsani menjelaskan setelah GKR Hemas kemudian disusul berikutnya Hilmy Muhammad atau Gus Hilmy dengan 153.211 suara, Afnan Hadikusumo 122.587 suara dan Cholid Mahmud. Data ini masih bisa berubah karena bersifat sementara. 

2. Posisi Hafid Asrom digantikan Gus Hilmy.

GKR Hemas Pimpin Perolehan Suara DPD di YogyakartaIDN Times/Sukma Shakti

Pada periode 2014-2019, DPD dari DIY diwakili GKR Hemas, Afnan Hadikusumo, Cholid Mahmud dan Hafid Asrom. Jika perolehan suara itu bertahan, Hafid Asrom posisinya digantikan Gus Hilmy sebagai anggota DPD dari DIY.

3. GKR Hemas menunggu penghitungan resmi KPU.

GKR Hemas Pimpin Perolehan Suara DPD di YogyakartaIDN Times/Daruwaskita

Fuska menambahkan meski menempati perolehan suara teratas, GKR Hemas masih menunggu hasil resmi dari KPU DIY.

"Saksi yang ditempatkan di TPS maupun di saat rekapitulasi di tingkat Kecamatan, bertugas sebagai pemantau jika terdapat data yang ganjil. Seperti salah input data yang tidak bisa dihindari baik karena soal teknis maupun human error. Soal berapa perolehan final, menunggu secara keseluruhan data dulu," kata Fuska.

4. GKR Hemas berterima kasih kepada warga Yogyakarta

GKR Hemas Pimpin Perolehan Suara DPD di YogyakartaANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

Fuska menjelaskan dengan adanya data sementara perolehan suara yang menempatkan GKR Hemas di posisi pertama, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada warga Yogyakarta yang masih mempercayakan GKR Hemas menjadi anggota DPD perwakilan DIY.

"Kami sebagai tim berterima kasih kepada warga DIY yang tetap mempercayai GKR Hemas untuk duduk kembali manjadi anggota DPD RI dari DIY," katanya.

Baca Juga: Sri Sultan HB X: Klaim Kemenangan Pemilu, Jangan Terjadi di Yogyakarta

Topik:

  • Febriana Sintasari
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya