Dongkrak Kunjungan Wisman, Festival Prawirotaman Digelar 27 Agustus 

Hingga Juli sebanyak 3,9 juta wisatawan datang ke Yogyakarta

Yogyakarta, IDN Times - Pemerintah Kota Yogyakarta akan menggelar Festival Prawirotaman untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara di kawasan tersebut.  

Gelaran festival akan dilakukan tanggal 27 Agustus 2022 di sepanjang Jalan Prawirotaman untuk menunjukkan potensi dan eksistensi kawasan yang dikenal sebagai kampung internasional.    

"Festival ini untuk menyambut banyaknya wisatawan mancanegara yang mulai berkunjung," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko, Senin (22/8/2022). 

 

1. Festival Prawirotaman untuk dongkrak kunjungan wisman

Dongkrak Kunjungan Wisman, Festival Prawirotaman Digelar 27 Agustus Logo Festival Prawirotaman. Instagram/Dinas pariwisata kota jogja

Kegiatan festival di Kampung Prawirotaman yang pada tahun ini mengambil tema "Manunggal Mendunia" akan diisi dengan berbagai acara seperti pertunjukan seni budaya, parade budaya, bazar, dan orkestra.

"Kami berharap dapat menjalin kebersamaan seluruh elemen pariwisata di kampung tersebut sehingga pariwisata terus bangkit sekaligus menguatkan nilai-nilai tradisi yang menjadi keutamaan di Prawirotaman," katanya dikutip Antara.

2. Harga pesawat tak pengaruhi jumlah wisatawan yang datang ke Kota Yogyakarta

Dongkrak Kunjungan Wisman, Festival Prawirotaman Digelar 27 Agustus Jalan Prawirotaman. Instagram/kampung,prawirotaman

Sementara mengenai jumlah kunjungan wisatawan yang datang, Wahyu mengaku Kota Yogyakarta yang berada di tengah Pulau Jawa tidak terpengaruh dengan tingginya harga tiket pesawat yang berpotensi menurunkan jumlah kunjungan wisatawan.

"Yogyakarta masih bisa ditempuh dari jalur darat. Bisa menggunakan kendaraan pribadi atau rombongan dengan bus pariwisata. Jadi, kenaikan harga tiket pesawat tidak mempengaruhi kunjungan wisatawan," katanya.

Sedangkan bagi wisatawan mancanegara, masih bisa menempuh jalur darat setelah mendarat di Jakarta atau Surabaya.

 

Baca Juga: 5 Resto Kampung Bule Prawirotaman Jogja, Tempat Cozy Makanannya Enak 

Baca Juga: 6 Kafe di Sekitar Prawirotaman Yogyakarta, Suasananya Nyaman

3. Sebanyak 3,9 juta wisatawan datang ke Kota Yogyakarta hingga pertengahan tahun 2022

Dongkrak Kunjungan Wisman, Festival Prawirotaman Digelar 27 Agustus Tugu Pal Putih Yogyakarta (IDN Times/Febriana Sinta)

Sepanjang tahun 2022, dari bulan Januari hingga akhir Juli, Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta mencatat kunjungan wisatawan mencapai 3,9 juta orang berdasarkan tingkat okupansi hotel.

"Hitungan tersebut sudah termasuk wisman dan wisatawan domestik. Tetapi, kami belum memasukkan wisatawan one day trip ke Yogyakarta," katanya.

Total potensi jumlah wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta hingga awal semester dua mencapai dua hingga tiga kali lipat dibanding catatan dinas.

 

Baca Juga: 6 Penginapan Murah di Prawirotaman, Tarif mulai Rp100 Ribuan

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya