Djaduk Ferianto Tinggalkan Dua Acara yang Siap Digelar

Djaduk Ferianto tinggalkan banyak karya

Kota Yogyakarta, IDN Times- Seniman Djaduk Ferianto meninggal dunia hari ini, Rabu (13/11) pada pukul 02.30 WIB. 

Teman, dan kerabat mendapat kabar meninggalnya Djaduk dari kakak almarhum, Butet Kertaradjasa melalui media sosial Instagram, Facebook dan pesan instan Whatsapp.

Semasa hidupnya, adik dari Butet Kertaradjasa ini adalah seorang seniman yang telah menghasilkan banyak karya. Diantaranya adalah sebagai pemrakarsa acara tahunan musik jazz, Ngayogjazz, Sinten Remen, Kua Etnika, dan Teater Gandrik. 

Rencananya dalam waktu dekat Djaduk Ferianto akan tampil dalam dua acara yang digelar di Yogyakarta dan Surabaya. Sayang sang maestro telah meninggal dunia. 

1. Ngayogjazz 2019 dan pentas Teater Gandrik tanpa Djaduk

Djaduk Ferianto Tinggalkan Dua Acara yang Siap DigelarSeniman Djaduk Ferianto meninggal dunia pada Rabu (13/11). Instagram/djaduk

Rencananya ada dua acara yang digagas Djaduk akan tampil dalam waktu dekat. Yaitu pada Sabtu (16/11) besok Ngayogjazz.

Kemudian pada tanggal 6 dan 7 Desember 2019 dengan mengambil lakon 'Para Pensiunan' akan ditampilkan oleh Teater Gandrik di Kota Surabaya.  

Namun sayang Djaduk yang bertindak sebagai kunci dari acara tersebut telah meninggal dunia. 

Baca Juga: Sebelum Meninggal, Djaduk Masih Memimpin Rapat Ngayogjazz 2019

2. Sekilas tentang Ngayogjazz

Djaduk Ferianto Tinggalkan Dua Acara yang Siap DigelarInstagram/Ngayogjazz

Ngayogjazz adalah pagelaran musik jazz yang dipentaskan di kampung-kampung Yogyakarta. Pagelaran musik yang dimulai sejak tahun 2007 ini tidak memungut biaya tiket alias gratis.

Di tahun 2019, rencananya acara ini tidak lagi gratis, penonton harus membawa buku tulis, gambar dan bacaan untuk didonasikan ke seluruh Indonesia. 

Rencananya beberapa musisi kenamaan yang akan tampil pada Sabtu (16/11) di Padukuhan Kwagon, Godean, Sleman. Meraka antara lain, Mus Mujiono, Idang Rasjidi hingga Didi Kempot. 

3. Teater Gandrik

Djaduk Ferianto Tinggalkan Dua Acara yang Siap DigelarInstagram/TeaterGandrik

Teater Gandrik adalah kelompok seni teater dari Yogyakarta yang didirikan 36 tahun lalu, tepatnya pada tanggal 13 September 1983 oleh Heru Kesawa Murti, Susilo Nugroho, Saptaria Handayaningsih, dan Jujuk Prabowo.

Di kemudian hari, Djaduk Ferianto bersama kakaknya, Butet Kertaradjasa akhirnya bergabung dengan Teater Gandrik.

Rencananya pada tanggal 6 dan 7 Desember mendatang, Teater Gandrik akan pentas di Kota Surabaya dengan lakon 'Para Pensiunan' dengan arahan sutradara Djaduk Ferianto. 

Selamat jalan Mas Djaduk, tetap berkarya di Surga. 

Baca Juga: Dunia Seni Yogyakarta Berduka, 5 Fakta Djaduk Ferianto

Topik:

  • Febriana Sintasari
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya