Comscore Tracker

Dinkes Yogyakarta Buka Posko Tes Antigen Kawasan Malioboro, Gratis    

Wisatawab juga dapat peroleh vaksinasi COVID-19

Yogyakarta, IDN Times - Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta membuka posko vaksinasi Covid-19 di kawasan Malioboro. Gerai vaksin terdapat di Titik Nol Kilometer dan di tempat khusus parkir Abu Bakar Ali.  

Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Emma Rahmi Aryani mengatakan layanan ini akan dibuka hingga tanggal 8 Mei 2022. 

 

1. Tes antigen dilakukan gratis

Dinkes Yogyakarta Buka Posko Tes Antigen Kawasan Malioboro, Gratis    ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Selain vaksinasi, petugas juga melayani tes antigen secara gratis. “Layanan akan kami buka setiap hari hingga 8 Mei. Harapannya bisa dimanfaatkan wisatawan apabila membutuhkan vaksinasi atau tes COVID-19,” kata Emma, Selasa (3/5/2022). 

Layanan vaksinasi dan swab antigen tersebut sudah dibuka sejak 28 April dan akan memberikan layanan setiap pukul 13.00-19.00 WIB.

 

2. Layanan vaksin di puskesmas dimulai 4 Mei

Dinkes Yogyakarta Buka Posko Tes Antigen Kawasan Malioboro, Gratis    ilustrasi vaksinasi (IDN Times/Herka Yanis)

Selain dua gerai vaksinasi yang dibuka di posko Lebaran, layanan vaksinasi dosis penguat di Kota Yogyakarta selama libur Lebaran juga tetap dilayani di fasilitas kesehatan tingkat pertama atau puskesmas secara bergantian.

Pada 4 Mei, layanan dibuka di Puskesmas Wirobrajan, 5 Mei di Puskesmas Mantrijeron, 6 Mei di Puskesmas Jetis, dan 7 Mei di Puskesmas Gondomanan 2.

“Sudah ada jadwal yang kami tetapkan untuk layanan vaksinasi di puskesmas,” katanya dikutip Antara.

 

Baca Juga: 6 Geoparks di Indonesia yang Diakui UNESCO, Ada yang di Jogja  

Baca Juga: Grebeg Syawal Keraton Jogja Ditiadakan, Gunungan Dibagi Tanpa Rayahan 

3. Ingatkan KIPI pasca vaksinasi

Dinkes Yogyakarta Buka Posko Tes Antigen Kawasan Malioboro, Gratis    Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi di Kompleks Kepatihan. (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengtakan wisatawan atau pemudik yang hendak memanfaatkan layanan vaksinasi COVID-19 di gerai harus memperhitungkan potensi kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI).

“Mungkin vaksinasi lebih baik dilakukan beberapa hari sebelum tanggal kepulangan. Jangan sampai justru mengalami KIPI di perjalanan,” katanya.

Heroe juga mengingatkan pemudik atau wisatawan di Yogyakarta tetap menjalankan protokol kesehatan untuk mengurangi potensi paparan COVID-19 meskipun kasus di Kota Yogyakarta sudah sangat rendah.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya