Comscore Tracker

Dana Desa Tahun 2022 di Kabupaten Sleman untuk Pemulihan Ekonomi 

Kemenkeu beri penghargaan Kabupaten Sleman

Sleman, IDN Times -Penggunaan Dana Desa di Kabupaten Sleman pada 2022, difokuskan pada program pemulihan ekonomi. Sebelumnya, selama masa pandemik, Dana Desa di Kabupaten Sleman digunakan untuk penanganan COVID-19 dan pemulihan wilayah.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menyebut dana desa pada tahun ini digunakan untuk pembentukan desa aman COVID-19.

"Dana Desa pada 2021 masih difokuskan untuk penanganan dampak pandemik, program prioritas nasional, serta adaptasi kebiasaan baru yaitu Desa Aman COVID-19," katanya pada Sabtu (4/12/2021). 

 

1. Pemulihan ekonomi dilakukan dengan program padat karya

Dana Desa Tahun 2022 di Kabupaten Sleman untuk Pemulihan Ekonomi Ilustrasi pekerja sedang memecah batu untuk pembangunan talut. IDN Times/Daruwaskita

Kustini berharap Dana Desa pada 2022 yang fokus pada program pemulihan ekonomi bisa membangkitkan ekonomi dan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Program pemulihan warga desa, akan dilakukan dalam bentuk bantuan langsung tunai (BLT), serta program padat karya. 

"Pertama penanggulangan kemiskinan, kedua pembangunan dan pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) serta peningkatan BUMDes untuk pertumbuhan ekonomi yang merata," katanya.

 

Baca Juga: 3 Strategi Sleman Minimalkan Penyebaran COVID-19 saat Libur Nataru    

Baca Juga: PSS Menang 2-1 Lawan PSIS, Ini yang Terjadi di Medsos Super Elja   

2. Sleman peroleh penghargaan penyaluran Dana Desa

Dana Desa Tahun 2022 di Kabupaten Sleman untuk Pemulihan Ekonomi Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo. (Dok. Humas Pemkab Sleman)

Penyaluran Dana Desa di Kabupaten Sleman pada tahun 2021 mendapatkan apresiasi dari pemerintah. Kementerian Keuangan memberikan penghargaan ke Kabupaten Sleman atas kinerja tercepat penyaluran Dana Desa Tahun 2021.  

Kustini mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas diraihnya penghargaan yang diberikan Kementerian Keuangan yang diserahkan di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Jumat (3/12/2021). "Apalagi penghargaan itu juga hanya diberikan kepada Pemkab Sleman dari seluruh pemerintahan yang ada di Provinsi DIY," katanya.

Ia mengatakan penghargaan ini akan semakin menggugah semangat dan kinerja pemerintahan. Apalagi untuk Dana Desa memang untuk masyarakat.

3. Kasus COVID-19 di Sleman masih fluktuatif

Dana Desa Tahun 2022 di Kabupaten Sleman untuk Pemulihan Ekonomi Seorang pria merokok di sebelah mural pria dengan masker ditengah wabah penyakit virus corona (COVID-19) di Kota Quezon, Metro Manila, Filipina, Kamis (30/7/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Eloisa Lopez)

Pada tahun 2021, Dana Desa di Kabupaten Sleman digunakan untuk penanganan COVID-19 karena kasus di wilayah itu masih fluktuatif. Berdasarkan data satuan Tugas Penanganan COVID-19, selama sepekan dari tanggal 27 November hingga 4 Desember 2021, angka penambahan kasus baru COVID-19 di Sleman naik sebanyak 45 kasus. Sedangkan angka pasien sembuh naik sebanyak 16 orang. 

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya