Comscore Tracker

Cat Pesawat Presiden Diganti, Keamanan saat Terbang Dipertanyakan

Rencana penggantian cat digulirkan sejak tahun 2019

Jakarta, IDN Times - Warna pesawat pesawat kepresidenan RI A-001 Boeing 737-8U3 (BBJ2) tengah ramai diperbincangkan. Penampilan baru dengan warna merah putih menjadi sorotan. Berdasarkan sumber IDN Times dari Istana, mengatakan anggaran pengecatan pesawat kepresidenan mencapai Rp2 miliar.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono angkat bicara mengenai cat baru tersebut, menurutnya anggaran sudah dimasukkan dalam APBN.

Rencana yang digulirkan bahkan sejak tahun 2019. Tapi di tahun 2019, pesawat belum memasuki jadwal perawatan rutin, sehingga yang dilaksanakan pengecatan terlebih dahulu adalah Heli Super Puma dan pesawat RJ

"Pesawat itu sudah tujuh tahun, secara teknis memang harus memasuki perawatan besar, overhaul. Itu harus dilakukan untuk keamanan penerbangan," ucapnya, Selasa (3/8/2021). 

1. Cat pesawat sudah mengelupas

Cat Pesawat Presiden Diganti, Keamanan saat Terbang DipertanyakanWujud Pesawat Kepresidenan dengan warna baru. (instagram.com/adhimas_aviation)

Untuk cat sendiri, ujar Heru, memang sudah waktunya untuk diperbarui. Sebab, cat lama di pesawat kepresidenan sudah mulai mengelupas.

"Mengenai cat, memang sekalian diperbarui, karena sudah waktunya untuk diperbarui. Pilihan warnanya adalah warna kebangsaan, merah putih, warna bendera nasional," jelas Heru.

 

Baca Juga: Dihantam Pandemik, Sektor Pariwisata Yogyakarta Rugi Rp10 Miliar 

2. Kamuflase keamanan pesawat saat terbang

Cat Pesawat Presiden Diganti, Keamanan saat Terbang DipertanyakanPesawat Kepresidenan. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Tak hanya menjadi sorotan, penampilan baru pesawat kepresidenan RI A-001 Boeing 737-8U3 (BBJ2) juga menuai kritik dari berbagai pihak. Salah satunya adalah Alvin Lie, politikus senior Partai Demokrat juga menyoroti perubahan warna pesawat kepresidenan tersebut.

Dalam cuitan di akun Twitter @Andiarief__, ia mengkritik pemilihan warna merah dan putih untuk pesawat kepresidenan. Menurut Andi, warna biru dan putih dipilih Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk warna kamuflase demi meningkatkan keamanan.

3. Pemilihan warna putih dan biru di era Presiden SBY

Cat Pesawat Presiden Diganti, Keamanan saat Terbang DipertanyakanPesawat Kepresidenan. (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

Saat itu, Menteri Sekretaris Negara era SBY, Sudi Silalahi, menjelaskan tentang pemilihan warna biru putih pada pesawat kepresidenan. Dia membantah warna biru dipilih karena menyamakan dengan Partai Demokrat.

Kala itu, Sudi mengungkapkan pemilihan warna biru putih diambil berdasarkan pilihan sekolompok pejabat pemerintah dan militer. Terdapat 14 alternatif warna yang ditawarkan, hingga akhirnya warna biru putih yang dipilih. Fungsinya adalah meningkatkan keamanan saat pesawat terbang. Sebab, dengan warna itu, pesawat akan terkamuflase dengan warna langit. 

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya