BMKG Perkirakan Jogja Diguyur Hujan Lebat, Hati-hati di Jalan   

BMKG ingatkan gelombang tinggi hingga 4 meter

Yogyakarta, IDN Times - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian wilayah Indonesia diguyur hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang hari ini Kamis (14/4/2022).

Prakiraan cuaca tersebut berpotensi terjadi di Aceh, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Yogyakarta, dan Kalimantan Tengah.

 

1. BMKG ingatkan gelombang tinggi Samudra Hindia Selatan Jawa

BMKG Perkirakan Jogja Diguyur Hujan Lebat, Hati-hati di Jalan   Ilustrasi gelombang tinggi (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

BMKG juga mengeluarkan peringatan gelombang tinggi 2,5 hingga 4 meter di Samudra Hindia Selatan Jawa dan perairan Selatan Jawa Timur

Bidang pelayaran dan masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi, diimbau agar tetap selalu  waspada.

2. Diperkirakan hujan dimulai siang hari

BMKG Perkirakan Jogja Diguyur Hujan Lebat, Hati-hati di Jalan   Ilustrasi cuaca ekstrem. IDN Times/Mardya Shakti

Berdasarkan informasi yang diunggah di akun BMKG @infobmkgyia, sebagian besar wilayah di Kota Yogyakarta, Sleman dan Bantul diperkirakan turun hujan yang dimulai pada siang hari.

Beberapa kecamatan di DIY yang diperkirakan terjadi hujan petir, antara lain terjadi di Sleman yaitu Cangkringan, Minggir, Ngemplak, Pakem. Sementara di Kulon Progo terjadi di Samigaluh dan Kalibawang.

Baca Juga: 5 Kuliner Pedas Khas Jogja yang Rasanya Nampol, Bikin Merem Melek!

3. Beberapa tempat di Gunungkidul terjadi hujan lebat

BMKG Perkirakan Jogja Diguyur Hujan Lebat, Hati-hati di Jalan   Tugu selamat datang di Kabupaten Gunungkidul. (Instagram/kux_kuz96)

Di Kabupaten Gunungkidul lima wilayah diperkirakan terjadi hujan lebat pada siang hari, yaitu Karangmojo, Ngawen, Ponjong, Rongkop dan Semin. Sementara tiga tempat lainnya akan terjadi hujan intensitas sedang yang terjadi di malam hari, yaitu Saptosari,Purwosari dan Panggung. 

Baca Juga: 9 Air Terjun di Jogja yang Memukau, Gak Sabar Buat Nyebur  

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya