BMKG Jogja Minta Warga Waspadai Gelombang Laut hingga 4 Meter   

Hujan lebat dan angin diperkirakan terjadi siang hingga sore

Yogyakarta, IDN Times - Cuaca wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) hari ini, Minggu (27/2/2022) diperkirakan terjadi hujan lebat. Selain itu Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jogja, memperkirakan terjadinya angin kencang.

Diperkirakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang," jelas prakirawan Stasiun Meteorologi YIA BMKG Jogja dalam keterangan tertulis, Minggu (27/2/2022).

 

1. Hujan lebat dan angin diperkirakan terjadi siang hingga sore hari

BMKG Jogja Minta Warga Waspadai Gelombang Laut hingga 4 Meter   Ilustrasi hujan (IDN Times/Sukma Shakti)

BMKG memperkirakan kondisi cuaca di pagi berawan, sedangkan hujan mulai terjadi saar siang hingga sore hari. "Peringatan dini waspada potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang di wilayah Kota Yogyakarta, Sleman dan Kulon Progo bagian utara, Bantul, Gunungkidul.

"Mulai siang-sore hari berpotensi hujan sedang-lebat yang disertai petir dan angin kencang di wilayah Kota Yogyakarta, Sleman dan Kulon Progo bagian utara, Gunungkidul, Bantul. Sedangkan potensi hujan ringan di Kulon Progo bagian selatan."

Baca Juga: Selasar Malioboro Tanpa PKL, 9 Aktivitas Ini Bikin Piknik Tetap Asyik 

2. Potensi hujan ringan di malam hari

BMKG Jogja Minta Warga Waspadai Gelombang Laut hingga 4 Meter   Ilustrasi hujan (IDN Times/Sukma Shakti)

Di waktu malam hari potensi hujan ringan terjadi di dua wilayah, yaitu di Kabupaten Kulon Progo bagian selatan dan Gunungkidul bagian selatan. Sedangkan untuk dini hari, pada Senin (28/2/2022) diperkirakan berawan. "Diperkirakan untuk dini hari berawan." 

3. Tinggi gelombang laut sekitar 4 meter

BMKG Jogja Minta Warga Waspadai Gelombang Laut hingga 4 Meter   ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

BMKG juga memperkirakan tinggi gelombang laut berkisar antara 2,5-4 meter. Sementara suhu udara di DIY terjadi 21-31 derajat celsius, kelembapan sekitar 67-95 persen. Angin dari arah barat dengan kecepatan maksimum 20 km/jam.

"Waspada potensi gelombang tinggi di perairan Yogyakarta. Ini termasuk gelombang yang tinggi" jelasnya.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya