Awal Maret 19 Ribu Pedagang dan Penjaga Toko di Malioboro Divaksinasi

Pelaku bisnis di Malioboro rentan terpapar COVID-19

Kota Yogyakarta, IDN Times - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan HB X memeriksa persiapanvaksinasi COVID19 tahap dua yang akan digelar pada 1 Maret 2021.  Pelaksanaan tersebut akan berlangsung kurang lebih sekitar empat hingga lima hari.

Sebanyak tiga tempat yang akan digunakan untuk vaksinasi massal tahap kedua di Yogyakarta, yakni di Pasar Beringharjo, Benteng Vredeburg, dan Taman Parkir Abu Bakar Ali.

"Dalam kunjungan ini, saya mau minta izin karena beliau (Gubernur DIY) kan tuan rumahnya, karena rencana 1 Maret mendatang, kami akan mengadakan vaksinasi untuk pedagang di Pasar Beringharjo," kata Budi, Minggu (21/2/2021). 

 

 

 

1. Pelaku bisnis di Malioboro rentan terpapar COVID-19

Awal Maret 19 Ribu Pedagang dan Penjaga Toko di Malioboro DivaksinasiIlustrasi kawasan Malioboro. IDN Times/Paulus Risang

Tercatat sebanyak 19.897 jiwa menjadi target vaksinasi tahap kedua di DIY. Jumlah tersebut terdiri dari 8.144 pedagang Pasar Beringharjo dan sekitarnya, 2.600 masyarakat sekitar Malioboro dan Alun-alun Utara, serta 9.153 pegawai toko yang ada di sepanjang kawasan Malioboro.

Menurut Menkes, pedagang pasar adalah kelompok masyarakat yang cukup rentan terpapar COVID-19 karena sering berinteraksi dengan banyak orang.

"Kita lihat kalau mereka kan ketemu dengan langganannya, ketemu banyak orang, oleh karena itu kita akan vaksinasi mereka," kata dia.

Baca Juga: Diklaim Lebih Unggul, Epidemiolog  Pertanyakan Vaksin Nusantara  

2. Vaksinasi akan dilakukan secara menyeluruh

Awal Maret 19 Ribu Pedagang dan Penjaga Toko di Malioboro DivaksinasiIDN Times/Febriana Sinta

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menuturkan bahwa pemberian vaksin untuk pedagang Pasar Beringharjo akan dilakukan secara menyeluruh.

"Termasuk pedagang keliling, pedagang los, buruh, pedagang kaki lima, semuanya," kata Sultan.

3. Data dan jumlah penerima vaksinasi telah siap

Awal Maret 19 Ribu Pedagang dan Penjaga Toko di Malioboro DivaksinasiIlustrasi Penyuntikan Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Sri Sultan juga mengatakan jika data dan jumlah penerima vaksinasi massal sudah siap dan berada di bawah koordinasi pemerintah Kota Yogyakarta. Untuk wilayah DIY, total jumlah penerima vaksinasi COVID-19 DIY tahap kedua di semua kabupaten/kota di DIY diperkirakan sekitar 630.000 orang.

Merujuk kriteria Kementerian Kesehatan RI, kelompok penerima vaksinasi COVID-19 tahap kedua, selain lansia dan pedagang pasar adalah petugas pelayanan publik seperti tenaga pendidik, tokoh agama, wakil rakyat, pejabat negara, pegawai pemerintah, petugas keamanan, petugas transportasi, atlet, wartawan, dan pekerja sektor pariwisata.

Baca Juga: Sapa Aruh Sultan HB X: Kalau Perlu Tetap Pakai Masker di Rumah

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya